Agar Rumah Kecil Terlihat Luas Dan Terasa Nyaman

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Sebenarnya rumah yang nyaman ditinggali bukan diukur pada luas rumah secara fisik, tapi lebih ke pada perasaan dan kenyamanan sang penghuninya. Oleh karena itu trik membuat rumah terkesan lebih luas berikut ini lebih mengacu pada tatanan rumah dan isinya, penampilan di dalam rumah, serta cara agar rumah terasa lebih sejuk dan udaranya segar.

Berikut adalah tips untuk membuat rumah kecil Anda Terlihat luas dan tersa nyaman :

1. Warna tembok yang pas

Memang pada asalnya seseorang boleh memilih warna tembok sesuka hati, namun tips membuat rumah kecil atau ruangan dalam hunian terlihat lebih luas hendaknya memilih warna yang kalem atau terang, misalnya saja warna pastel maupun putih yang sangat cocok untuk memberikan kesan ruangan yang rapi dan lebar.

2. Memperbanyak pencahayaan

Penempatan lampu serta jendela sangat mempengaruhi nuansa ruangan dalam rumah, sedikitnya cahaya akan mengakibatkan ruangan terlihat gelap atau remang-remang sehingga rumah tampak lebih sempit. Berbeda dengan rumah yang terang dan banyak bukaan cahaya akan memberikan image pada penghuninya bahwa ruangannya luas dan mata dapat memandang jauh ke sudut-sudut ruangan dan alam sekitar. Upayakan perlebaran bukaan angin dan jendela untuk menghadirkan angin yang sejuk dan cahaya lebih banyak.

3. Pemilihan lantai

Selain dinding, bagian rumah yang akan sering terlihat mata adalah lantai. Tentu saja Anda harus memilih warna keramik atau tegel yang cerah dan berukuran yang agak besar. Sebab keramik dengan ukuran kecil akan menyebabkan ruangan rumah terasa sempit, maka buatlah anggaran untuk pembelian keramik seperti tadi mulai sekarang.

4. Wallpaper dan hiasan dinding

Hiasan dinding atau wallpaper sebenarnya efektif dalam mengisi kekosongan dinding-dinding dalam rumah. Pilih wallpaper yang kontras dengan dinding dan perabotan, pastikan ukurannya tidak terlalu besar. Dengan trik ini, Anda bisa mengelabuhi mata untuk fokus pada hiasan dan wallpaper dan membuat perasaan penghuni rumah menyenangkan atau tentram sesuai tema wallpaper yang dipilih.

5. Mengatur perabot

Perabotan merupakan komponen rumah yang banyak menyita space ruangan, beli perabotan seperlunya dengan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan desain ruangan dalam rumah. Bila Anda menginginkan sebuah meja makan maka pilih yang bentuknya persegi dan tidak terlalu lebar, begitu pula dengan tempat tidur lebih sesuai yang desainnya bertingkat untuk kamar anak-anak.

6. Menyingkirkan barang bekas

Tips terakhir agar rumah terasa lapang yaitu mengurangi berbagai barang yang tak dibutuhkan lagi, misalnya sepeda anak-anak yang tak terpakai, peralatan elektronik yang rusak, ataupun benda-benda tak berfungsi lainnya. Semoga tips supaya rumah kecil terlihat luas ini dapat menginspirasi kita dalam menata ruangan dalam rumah lebih baik.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me