IPW: Dana Tapera Jangan Jadi Lahan “Bancakan”

Big Banner

Jakarta – Lembaga Indonesia Property Watch (IPW) menilai, dengan telah disahkannya RUU Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) menjadi UU seharusnya menjadi angin segar harapan bagi masyarakat berpenghasian rendah (MBR) untuk memiliki rumah. Namun demikian implementasinya diperkirakan tidak semudah membalik telapak tangan.

IPW mencatat beberapa hal yang harusnya disikapi kritis oleh pemerintah agar jangan sampai dana besar yang ada di Tapera menjadi dana “bancakan” oleh pihak-pihak tertentu.

“Berdasarkan diskusi yang dilakukan oleh Indonesia Property Watch dengan beberapa ahli pembiayaan perumahan dan micro finance ternyata terdapat beberapa hal yang tidak sinkron dengan visi Tapera yang ada,” ujar Direktur Eksekutif IPW, Ali Tranghanda, dalam siaran persnya, Jakarta, Rabu (24/2).

Ali mengatakan, ada syarat utama kepesertaan Tapera adalah mereka yang menerima upah diatas UMP dengan iuran sebesar 3 persen dari upah tiap bulan, dimana 2,5 persen dibayar pekerja dan 0,5 persen dibayar pengusaha.

Melihat hal ini maka tentunya beban pengusaha menjadi bertambah dan dipertanyakan kehadiran pemerintah dalam penyediaan rumah rakyat, karena yang terjadi adalah penyediaan rumah dari masyarakat ke masyarakat dengan azas gotong royong.

“Azas ini terkesan baik namun sering terperangkap dengan menghilangkan peran dan tanggung jawab negara secara langsung,” kata dia.

Hal lain yang dianggap menjadi tumpang tindih, kata Ali, ketika Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono mengatakan, dana Tapera pertama akan dialirkan dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan potensi dana Rp33 triliun menjadi modal untuk Tapera.

“Hal ini tentunya berbeda karena FLPP sangat erat kaitannya dengan UU No. 1 2011 tentang Perumahan dan Permukiman dan penyalurannya pun berbeda. Sehingga tidak dapat secara langsung menjadi modal Tapera,” tambah Ali.

Feriawan Hidayat/Imam Muzakir/FER

PR

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me