DPR Sahkan Undang Undang Tabungan Perumahan Rakyat

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mensahkan Rancangan Undang Undang  tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) menjadi Undang Undang Tapera. Dengan disahkannya RUU ini menjadi UU maka pemerintah saat ini memiliki payung hukum untuk mewajibkan warga negara untuk menabung sebagian dari penghasilannya yang akan dikelola badan pengelola tapera untuk penyediaan rumah murah dan layak.

Menurut Ketua Panitia Khusus Pembahasan RUU Tapera Yoseph Umarhadi, dana hasil pengimpunan Tapera ini hanya bisa dimanfaatkan oleh peserta Tapera saja. Bagi peserta tapera yang berpenghasilan rendah dapat memanfaatkan dana ini untuk membiayai program pembiayaan perumahan dengan dana murah.

“Sedangkan bagi mereka yang berpenghasilan di atas upah rata-rata dapat mengambil dana hasil tabungannya setelah mereka pensiun,” katanya di gedung DPR-RI.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat menyampaikan tanggapan Pemerintah dalam rangkaian rapat tersebut mengatakan meski telah disahkan menjadi undang-undang, pelaksanaan UU Tapera masih memerlukan kelengkapan aturan di bawahnya yang mengatur secara lebih teknis.

“Tugas pemerintah selanjutnya adalah menyelesaikan aturan dan undang-undang yang lebih teknis dalam bentuk Peraturan Pemerintah,” katanya.

Adapun aturan yang teknis yang menjadi fokus pemerintah terkait dengan Undang-undang Tapera ini adalah pada besaran iuran dan porsi pengenaan iuran mengingat iuran ini nantinya bukan hanya akan dibebankan kepada para pekerja melainkan juga pada pemberi kerja. (PIT)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me