Bebaskan Tanaman Hias dari Ulat

Big Banner

Tanaman hiasmu diserang ulat bulu? Menyebalkan bukan? Daun-daun tanaman hias yang tadinya hijau dan cantik jadi rusak tak sedap dipandang.

Penggunaan pestisida sebagai pembasmi ulat bulu mungkin efektif, namun zat kimia yang terkandung di dalamnya berdampak negatif pada lingkungan sekitar. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenyahkan ulat bulu.

Baca juga: Usir Nyamuk di Rumah, Pakai Bahan Alami Saja

Membuang Secara Langsung

Sebenarnya cara ini agak ekstrem. Kamu secara langsung mengangkat si ulat bulu dengan tangan atau bisa menggunakan alat semisal sumpit. Sebaiknya kamu memakai sarung tangan supaya tidak menimbulkan gatal jika bulunya mengenai kulit tanganmu.

Gunakan Bubuk Bacillus thuringiensis (Bubuk Bt)

Pernah mendengar bubuk Bacillus thuringiensis sebelumnya? Bubuk ini merupakan bakteri baik yang mampu membunuh ulat bulu pada tanaman hiasmu. Bentuknya seperti tepung dan bisa didapat pada toko tanaman.

Menggunakannya cukup ditaburkan sedikit saja bubuk tersebut pada daun-daun tanaman, dijamin bakteri tersebut akan mematikan ulat yang melewatinya.

Baca juga: Ini Cara Mudah Mengusir Si Tikus Dari Rumah Anda

Memelihara Unggas 

Secara alami, burung, bebek, dan ayam adalah jenis unggas yang suka memakan hama ulat. Nah, kamu bisa memelihara salah satunya untuk membantu membasmi hama ulat tersebut.

Biarkan ayam dan bebek berkeliaran di taman rumahmu untuk memangsa ulat yang datang. Dengan cara ini keseimbangan ekosistem sekitar bisa terjaga, karena ada mangsa dan pemangsanya secara alami. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me