Apindo Bersiap Ajukan Uji Materi UU Tapera ke MK

Big Banner

Rancangan UU Tapera sah menjadi undang-undang lewat Rapat Paripurna DPR, Selasa (23/2). Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) pun berencana mengajukan uji materi UU ini ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami akan melakukan uji materi. Sebab, disahkannya UU tersebut, sudah sulit mengakomodir aspirasi kalangan usaha,” kata Ketua Umum Apindo, Haryadi Sukamdani, di Jakarta, Selasa (23/2).

Baca juga: Undang Undang Tapera Resmi Disahkan

Haryadi menilai UU tersebut merupakan duplikasi karena itu sudah ada di BPJS Ketenagakerjaan.‎ Dalam BPJS Ketenagakerjaan, lanjutnya, program tersebut sudah ada dan telah berjalan.

Akan tetapi, menurut Yoseph Umar Hadi kepada rumah123.com beberapa waktu lalu, BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya tidak mengatur secara khusus dan tidak memiliki dasar legalitas yang kuat perihal perumahan. Sehingga, lahirnya UU Tapera tidak akan tumpang tindih dengan BPJS.

Baca juga: Dukungan Kementerian Keuangan Terhadap RUU Tapera

Apindo masih menunggu aturan turunan dari UU Tapera, sembari akan mempelajari isi dari UU tersebut. Hal ini perlu dilakukan sebelum mengajukan uji materi kepada MK,

Sebelumnya, rencana menggugat ke MK terkait UU Tapera juga dilontarkan Ketua Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi), Sharmila. Sharmila meminta pemerintah tidak memaksakan RUU tersebut menjadi UU.

“Kami perlu ke MK untuk review kembali, dan harus siap-siap perjuangkan kepentingan rakyat,” ujarnya ketika konferensi pers di Menara Kadin, pada awal Februari 2016. (Wit/Vri)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me