Undang-Undang Tapera Resmi Disahkan

Big Banner

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tabungan Perumahan (RUU Tapera) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan ini tentunya kabar baik bagi warga negara Indonesia yang belum memiliki rumah.

’’UU ini akan memberi kepastian untuk mendapatkan rumah. Tidak hanya mimpi tapi kepastian,’’ ucap Ketua Pansus RUU Tapera, Yoseph Umar Hadi, pada rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/2), seperti dikutip dari metrotvnews.com.

Baca juga: Dukungan Kementerian Keuangan Terhadap RUU Tapera

Yoseph mengatakan, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) seringkali terganjal saat ingin mengambil KPR. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor MBR menganggap mimpi di siang bolong untuk memiliki hunian pribadi.

Dengan adanya pengesahan ini, Yoseph berpandangan UU Tapera dapat dijadikan sebagai stimulan bagi MBR untuk menabung demi punya rumah. Sedangkan bank kustodian akan didampingi Badan Pengelola Tapera dalam mengelola tabungan tersebut.

Baca juga: RUU Tapera, Solusi Efektif Atasi Backlog

Selama ini, dana APBN yang dimiliki pemerintah setiap tahunnya hanya dapat membuat 300 ribu hingga 500 ribu unit rumah, sementara permintaan mencapai 800 ribu unit per tahun. Yoseph juga menambahkan, dengan adanya UU Tapera ini merupakan terobosan positif dalam memenuhi permintaan kepemilikan hunian.

Terkait hal ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan, UU Tapera sebagai bentuk nyata kehadiran negara di tengah-tengah MBR.

Basuki juga mengapresiasi DPR yang menjadikan RUU Tapera ini sebagai inisiatif DPR. Artinya, dengan pengesahan UU Tapera, DPR menunjukkan keberpihakannya kepada rakyat kecil.

Baca juga: Para Pengusaha Ancam Boikot UU Tapera

Adapun poin yang akan dimasukkan dalam peraturan teknis tersebut di antaranya yaitu penggabungan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP ke dalam program Tapera. Karena, pada prinsipnya program FLPP ini adalah program penyediaan dana perumahan bagi MBR sebagaimana ada dalam UU Tapera ini.

Pengesahan UU Tapera ditandai dengan diketoknya palu oleh pemimpin Rapat Paripurna DPR RI, Agus Hermanto. Dihadiri oleh 318 anggota DPR RI, Rapat Paripurna Pengesahan RUU berjalan lancar, serta mendapat dukungan penuh dari seluruh fraksi di Senayan. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me