Izin HGB Kini Bisa Selesai Dalam 2 Hari, Tapi Kenapa Cuma di 5 Kota?

Big Banner

Jakarta -Pemerintah lewat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Ferry Mursyidan Baldan, mengaku telah membuat peraturan soal pengurusan izin Hak Guna Bangunan (HGB). Lewat aturan yang baru diteken hari ini, pengurusan izin HGB bisa dilakukan secara online dan selesai dalam dua hari.

Aturan ini adalah, Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Nomor 8 Tahun 2016. Namun belum dijelaskan Ferry, mekanisme persisnya pengurusan HGB ini, dan apa situs online untuk pengurusan izin HGB tersebut.

Meski begitu, dalam aturan ini, kemudahan pengurusan izin HGB hanya bisa dinikmati di 5 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Kota-kota lain di seluruh Indonesia masih harus mengurus HGB dalam waktu 30 hari atau lebih. Mengapa kemudahan ini hanya berlaku untuk 5 kota saja?

Ferry menjelaskan, Permen ini dibuat dalam rangka memperbaiki peringkat kemudahan berusaha Indonesia yang berdasarkan survei Bank Dunia masih di posisi 109 dari 180 negara. Bank Dunia melakukan survei hanya di 2 kota, yakni Jakarta dan Surabaya, maka perbaikan pertama-tama difokuskan di 2 kota itu dulu.

Menurut Ferry, pihaknya sudah melampaui target yang dibebankan kepada Kementerian ATR, karena kemudahan perizinan HGB bisa dinikmati tidak hanya di Jakarta dan Surabaya, tapi juga di Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

“Ini kan untuk memperbaiki hasil survei Bank Dunia, di 2 kota yaitu Jakarta dan Surabaya, malah kami menambah (jadi 5 kota),” ujar Ferry, usai Rapat Koordinasi di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (24/2/2016).

Dia mengungkapkan, sebenarnya Kementerian ATR hanya diminta memangkas perizinan HGB di 2 kota saja. “Dimintanya malah cuma 2 kota. Jakarta dan Surabaya yang diminta, terus ditambah Bandung, Semarang, Yogyakarta,” tuturnya.

Meski demikian, Ferry berjanji kemudahan untuk mengurus HGB ini ke depan bisa dinikmati oleh semua kota di seluruh Indonesia. “Tapi ini akan berlaku untuk semua secara perlahan di semua kota. Akan ada direktori yang menyebutkan kota yang sudah menggunakan proses digitalisasi,” ucapnya.

Beberapa kota di luar Jawa yang sedang disiapkan untuk menggunakan perizinan HGB secara online dengan waktu pengurusan yang singkat antara lain Lombok, Mataram, dan Gorontalo. “Lombok, Mataram, Gorontalo juga kami siapkan,” pungkasnya.

(wdl/wdl)

finance.detik.com