15.000 Unit Rusun Bakal Berdiri di Tujuh Kota

Big Banner

KARAWANG, KOMPAS.com – Rusunami Grand Sentraland Karawang merupakan proyek pertama Perumnas yang diresmikan pembangunannya pada tahun ini. Rencananya hunian vertikal itu akan berisi empat menara dengan total 2.700 unit.

Selama tahun 2016 ini, Perumnas berencana membangun 25.978 unit hunian dengan komposisi terbesar merupakan rumah susun (rusun) sebanyak 64 menara yang setara dengan 15.000 unit. Sementara sisanya sejumlah 10.978 merupakan rumah tapak atau landed house.

Baik rumah susun maupun tapak diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hal ini terkait peraturan pemerintah (PP) Nomor 83 Tahun 2015 yang menugaskan Perumnas untuk membangun perumahan rakyat.

“Selain itu, proyek perumahan kami yang ada sekarang 80 persen memang untuk MBR,” jelas Direktur Umum Perumnas, Himawan Arief Sugoto, di Karawang, Rabu (24/2/2016).

15.000 rusun itu tersebar di tujuh wilayah di Indonesia seperti Medan, Palembang, Bekasi, Bandung, Karawang, Makassar, dan Jakarta.

“Untuk di Medan kami akan menata ulang rusun yang telah dibangun 30 tahun lalu dan menambah jumlah lantainya. Sedangkan di Palembang kami akan lakukan peremajaan rusunami yang bisa digunakan sebagai tempat atlet Asian Games 2018,” beber Himawan.

Himawan melanjutkan, proyek rusunami lainnya, misalnya di Jakarta bertempat di Cengkareng dan Pulo Gebang, serta Makassar akan berlokasi di wilayah Panakukkang.

Rusun di Bekasi rencananya bakal Perumnas bangun dalam kurun waktu satu hingga dua bulan ke depan, sedangkan untuk di Antapani, Bandung, Perumnas saat ini tengah melakukan pembicaraan dengan Pemkot Bandung guna merealisasikan pembangunan rusun pada Juni 2016 nanti.

Untuk di Karawang, Perumnas fokus pada 200 hektar wilayah Telukjambe yang telah mereka kelola sejak tahun 1990-an. Saat ini hanya tinggal tersisa 3,8 hektar untuk proyek Grand Sentraland dan area komersial di sekitarnya.

Demi merealisasikan proyek-proyek di tujuh lokasi tersebut, Perumnas menginvestasikan dana hingga Rp 1,7 triliun yang merupakan prioritasnya sepanjang tahun ini.

properti.kompas.com