Berkenalan dengan KPR

Big Banner

Mau beli rumah? Sudahkah kamu berkenalan dengan KPR? Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah fasilitas kredit yang disediakan bank bagi  kamu yang ingin membeli atau merenovasi rumah.

Fasilitas kredit ini memudahkan kamu memiliki rumah. Dengan KPR, kamu tak perlu menyiapkan uang tunai yang jumlahnya tak sedikit itu untuk memiliki rumah.Kamu cukup siapkan uang muka (DP). Sisanya kamu bisa cicil untuk jangka panjang melalui KPR.

Meski jangka waktu pelunasan KPR lama sekali (bisa 15-20 tahun), tapi kamu gak usah khawatir. Karena, seiring angsuran KPR berjalan toh penghasilan kamu meningkat.

Baca juga: Cara Dapatkan KPR Tanpa DP

KPR terbagi atas dua, yaitu KPR Subsidi dan KPR Non-subsidi. KPR Subsidi adalah KPR yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Peraturan KPR Subsidi diatur oleh pemerintah, sehingga tidak semua orang dapat mengajukan KPR bersubsidi. Peraturan ini terkait akan besaran penghasilan pemohon dan maksimum kredit yang diberikan.

KPR Non-subsidi adalah KPR yang permohonannya bisa diajukan oleh setiap orang. Besaran kredit dan suku bunga pun ditentukan oleh bank tanpa adanya campur tangan dari pemerintah.

Baca juga: Dua Hal Penting Agar KPR Rumah Seken Disetujui

Syarat mengajukan KPR di setiap bank kurang lebih sama, yakni KTP, Kartu Keluarga, keterangan penghasilan atau slip gaji untuk karyawan atau laporan keuangan untuk wiraswasta, NPWP Pribadi, SPT PPh Pribadi, fotokopi sertifikat induk dan atau pecahan jika membeli rumah dari pengembang, fotokopi sertifikat jika melakukan jual beli per orangan, dan foto kopi IMB. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me