Pahami Seluk Beluk NJOP Propertimu

Big Banner

Istilah NJOP pastinya sudah sering kita dengar. Nah, apa sebenarnya NJOP? Bagaimana cara menentukannya?

NJOP atau nilai jual objek pajak merupakan harga rata-rata dari jumlah transaksi jual beli yang terjadi secara wajar. Jika transaksi jual beli tidak ada, maka NJOP dapat ditentukan dengan perbandingan harga dari objek lainnya yang sejenis, nilai perolehan baru, atau dengan NJOP pengganti.

Menentukan NJOP melalui perbandingan harga dari objek lain yang sejenis, caranya dengan melakukan perbandingan dengan objek pajak lain yang memiliki kesamaan, letaknya cukup berdekatan, dan memiliki fungsi yang sama. Syaratnya, objek pembanding tersebut telah diketahui harga jualnya.

Baca juga: Melihat Pasar Kondominium Mewah Setelah Dikenakan Pajak

Sedangkan untuk nilai perolehan baru merupakan sebuah cara untuk mendapatkan NJOP dengan cara menghitung seluruh total biaya yang dikeluarkan. Untuk mendapatkan penilaian objek pajak, harus disesuaikan dengan kondisi fisik bangunan. Jika bangunan sudah lama, biasanya memiliki nilai penyusutan.

Lalu, bagaimana menentukan NJOP berdasarkan pada hasil pendapatan objek pajak pengganti? Sebelum membahas hal itu, kamu perlu tahu tujuan dari pembuatan NJOP, yakni sebagai dasar dalam pengenaan pajak bumi dan bangunan (PBB) yang kita bayarkan setiap tahunnya.

Nah, di dalam NJOP terdapat keterangan seperti objek bangunan yang dihitung berdasarkan luas permeter persegi. Hal ini yang bisa kita sebut sebagai objek pajak pengganti, di mana hasil hitungannya akan menjadi dasar pengenaan PBB.

Baca juga: Tahukah Kemana Larinya Pajak yang Anda Bayarkan?

Untuk melihat seberapa besar NJOP sebagai dasar pengenaan pajak rumah, maka kamu bisa melihat detailnya pada kertas pembayaran PBB. Di sana akan tertera detail luas dari bangunan rumah kamu beserta harga rata-rata per meter perseginya.

Seiring dengan pesatnya laju pertumbuhan harga jual dari objek tanah ataupun bangunan di suatu tempat, maka NJOP dapat berubah. Untuk itu, biasanya dalam beberapa tahun perubahan nilai NJOP dari sebuah objek akan terjadi. Biasanya, jumlahnya akan lebih besar.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me