Kapan Waktu Tepat Ajukan KPR?

Big Banner

Usai memantapkan hati kala menemukan rumah idaman, saat kamu mulai mengajukan aplikasi kredit pemilikan rumah (KPR). Tahapan pembelian rumah yang tak bisa dianggap enteng.

Meski memiliki penghasilan cukup, tak sedikit orang yang aplikasinya berakhir dengan status penolakan. Beberapa hal layak menjadi perhatian utama agar aplikasimu tak berakhir “tragis”.

Baca juga: Cara Tepat Kumpulkan DP Rumah Pertama

Kelengkapan dokumen, sekecil apapun, harus terpenuhi. Sebut saja surat nikah dan rekening koran. Melengkapi dokumen yang dipersyaratkan, akan membuat pihak bank yakin akan besarnya niat kamu memiliki rumah.

Pastikan rekam jejak perbankan kamu tak tercoreng kredit macet. Setidaknya, enam bulan hingga satu tahun terakhir, tak ada noda dalah rekam jejak perbankan kamu.

Selanjutnya, pemilihan waktu pengajuan juga akan sangat memengaruhi kemungkinan dan seberapa cepat persejutuan bank turun. Ada waktu-waktu tertentu di mana pihak bank akan mempercepat waktu proses.

Baca juga: Dua Hal Penting Agar KPR Rumah Seken Disetujui

Pilihlah akhir pekan ketiga setiap bulannya. Bisa juga di awal pekan keempat. Dua waktu ini merupakan masa di mana bank juga berupaya keras memenuhi target jumlah kredit yang dipasang manajemennya.

Bukan lantas mereka akan sembrono memutuskan, lho! Pihak bank akan tetap melakukan konfirmasi, namun dengan waktu yang lebih cepat. Jika hal-hal utama yang dipersyaratkan sudah terpenuhi, kemungkinan aplikasi KPR kamu akan mengantongi persetujuan.

Jadi, jangan pernah mundur dengan halangan apapun agar niat membeli rumah bisa terwujud, ya! Selalu ada jalan bagi mereka yang memiliki kemauan besar.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me