Dinilai Tak Fungsional, China Larang Bangunan Unik Didirikan

Big Banner

Kebangkitan perekonomian China selama beberapa dekade menghasilkan banyak sekali arsitektur unik. Tak heran Negeri Tirai Bambu itu dijuluki sebagai area bermain arsitek di dunia. Lihat saja gedung-gedung pencakar langit di kota besarnya yang tampil sangat eye-catching.

Contohnya, gedung ikonik milik markas besar CCTV di Beijing. Bangunan tersebut dijuluki sebagai “big pant” oleh masyarakat, karena bentuknya menyerupai celana panjang. Perancangnya dikerjakan oleh seorang arsitek dari Belanda bernama Rem Koolhas.

Bangunan unik lainnya ialah pusat pameran yang menyerupai teko teh. Ada juga sebuah perusahaan yang gedungnya berbentuk Starship Enterprise, pesawat luar angkasa yang legendaris dari film Star Trek.

BACA JUGA : INI LOKASI KEMPING DENGAN FASILITAS MEWAH DI INDONESIA

Selain itu, masih banyak lagi gedung unik yang dimiliki China. Baik yang sudah dirilis atau masih dalam tahap penyelesaian. Memandangi gedung-gedung berbentuk tak lazim itu, tentu jadi hiburan tersendiri. Tak jarang juga menjadi magnet untuk menarik orang datang, berfoto dan sebagainya.

Namun, mulai saat ini perkembangan bangunan unik tersebut akan dihentikan. Belum lama ini, pemerintah China secara resmi tak lagi memiliki pembangunan arsitektur unik. Dewan Negara China mengumumkan pedoman baru perencanaan kota dan melarang gedung aneh berdiri. Khususnya gedung yang tidak memiliki karakter dan warisan budaya.

Arsitektur aneh yang tak ekonomis, tidak fungsional, tidak ramah lingkungan dan tidak estetis akan dilarang berdiri di China. Meskipun belum ada kriteria dan aturan detail tentang hal itu. Lalu bagaimanakah tanggapan arsitek di China?

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me