Banjir Surabaya Barat Langsung Surut

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Banjir semakin sulit diprediksi dan tidak lagi memilih-milih kawasan. Di Surabaya Barat, Jawa Timur, yang dikenal sebagai kantong perumahan mewah, kemarin, Rabu (24/2), diterjang banjir besar. Hujan lebat sekitar pukul empat sore itu dalam waktu singkat merendam sejumlah kawasan di tiga perumahan mewah, yaitu Pakuwon Indah, Graha Famili, dan Citraland. Ketinggian air mencapai satu meter dan menjebak sejumlah mobil dan motor baik yang  sedang parkir maupun melintas di jalan.

Banjir di perumahan mewah suarbaya barat

Banjir di perumahan mewah, Surabaya Barat

Di Citraland titik banjir terjadi di sekitar simpang empat dekat G Walk. Menurut salah seorang karyawan Citraland banjir yang terjadi pukul lima sore itu langsung surut satu jam kemudian. Pagi ini lokasi banjir sudah kering seperti tidak ada kejadian apa-apa. Selain hujan lebat yang menyebabkan saluran kota tidak mampu menampung limpasan air, banjir juga dipicu adanya penyumbatan karena pembangunan jaringan terpadu. Kendati terjadi bajir di kawasan G Walk, perumahan Graha Natura yang lokasinya dekat kawasan tersebut aman.

Di Pakuwon Indah kondisi banjirnya lebih parah. Lingkungan perumahan mewah itu dan jalan-jalan lingkungannya terendam air cukup tinggi. Sejumlah mobil yang parkir di depan rumah terendam hingga separo bodi.

Di Graha Famili, perumahan paling mewah di kawasan, banjir terjadi di blok A. Menurut seorang karyawa Intiland Development, pengembang perumahan itu, banjir disebabkan jebolnya tanggul sungai di perbatasan kawasan. Di Surabaya Barat banjir seperti ini baru terjadi sekarang. Hujan besar itu juga menyebabkan sejumlah kawasan di wilayah Gunungsari yang cukup jauh dari perumahan mewah tadi ikut kebanjiran.

housing-estate.com