Waspada Memilih Promo Rumah Murah

Big Banner

Tawaran dan promosi rumah murah tentunya sangat menarik. Pasalnya, kini harga rumah terus melonjak naik. Iming-iming uang muka (DP) rendah dan bebas biaya pengurusan KPR tentunya membuat kamu tergiur.

Namun, ada baiknya kamu berlaku cermat dan mempertimbangkan lebih jauh terlebih dahulu sebelum menyesal kemudian hari. Apa sajakah yang harus menjadi pertimbangan? Hal-hal berikut ini sebaiknya kamu perhatikan.

Baca juga: Berkenalan dengan KPR

Pengembang

Pengembang yang berpengalaman dan berjam terbang tinggi berpeluang lebih sedikit untuk mengecewakan kamu sebagai konsumen. Tentunya pengembang bernama besar tak ingin mempertaruhkan nama baiknya.

Jadi, belilah rumah dari pengembang yang berpengalaman. Bila ternyata rumah yang kamu taksir berasal dari pengembang kecil, periksa dulu legalitasnya. Pastikan pengembang itu dapat dipercaya.

Lokasi

Dalam memilih lokasi, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Pastikan bahwa lokasi perumahan bukanlah dibangun di atas tanah sengketa.

Pastikan pula bahwa lokasi perumahan bebas banjir, longsong, dan bukan daerah rawan kebakaran. Perhatikan pula tanah dan air yang ada di perumahan pilihanmu. Pastikan tanah dan airnya berada dalam kualitas yang baik.

Pastikan pula bahwa akses jalan dan kendaraan umum ke perumahan yang kamu pilih itu memadai. Jangan sampai kamu memilih perumahan yang terlalu terpencil.

Cek ke BPN

Saat mendapat info rumah murah, jangan langsung percaya. Harusnya kamu curiga, mengapa harga tanah bisa begitu murah. Jangan-jangan tanahmu masuk ke dalam daftar tanah yang akan digusur.

Coba cek dahulu status tanahmu ke Badan Pertanahan Negara (BPN). Selain itu, di BPN pun kamu bisa bertanya mengenai masa depan tanahmu. Siapa tahu kamu justru beruntung karena kawasan di sekitar tanahmu bakal dibangun infrastruktur.

Sertifikat

Periksa kembali apakah sertifikat dan dokumen rumah yang kamu inginkan lengkap. Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Sertifikat Hak Milik (SHM), dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah sertifikat yang harus kamu miliki demi keamanan dan kenyamananmu.

Surat-surat itu nantinya akan sangat kamu butuhkan, termasuk saat kamu ingin mengajukan KPR.

Kondisi Rumah

Periksa pula kondisi rumah tersebut. Ada kemungkinan rumah itu harganya murah karena bahan pembuat rumahnya pun tidak menggunakan material nomer satu.

Periksa kembali apakah jika suatu hari terjadi gempa, rumahmu akan kuat menahan guncangan. Periksa pula apakah usia rumahmu akan tahan lama.

Selebihnya, memeriksa kondisi rumah juga akan berhubungan dengan ada atau tidaknya biaya tambahan yang akan kamu keluarkan untuk renovasi rumahmu.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Ajukan KPR?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me