Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Jual Rumah

Big Banner

Ada rencana menjual rumah? Supaya nilai jual rumah bagus, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal, mulai dari kualitas bangunan hingga legalitas surat kepemilikan.

Apa saja sih? Simak berikut ini:

Tambah daya listrikPikirkanlah soal kecukupan daya listrik sebelum menjual rumah kepada orang lain. Sebaiknya, ketika akan menjual rumah, kamu menambah daya listriknya. Hal ini akan membuat calon pembeli puas karena tak perlu lagi repot-repot menambah daya listrik.

Lengkapi sertifikatSebelum menjual rumah periksa dahulu sertifikat yang kamu miliki. Jika memiliki Sertifikat Hak Guna Bangun (SHGB), kamu dapat meningkatkannya menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM). Tentunya ini akan menambah nilai jual rumahmu.

Baca juga: Lima Cara Mendesain Kamar Anak Bebas Alergi

Periksa air dan gasKetersediaan air dan gas tentunya penting bagi rumah. Agar pembelimu tak kesulitan di waktu nanti, periksalah sambungan air dan gas.

Periksa dindingPeriksa lagi adakah dindingmu yang retak, pecah-pecah, atau berjamur? Jika ada, perbaiki dan cat ulang dindingmu agar terlihat lebih segar.

Saluran pembuanganSaluran pembuangan yang mampet akan mengurangi nilai jual properti. Segera periksa dan perbaiki jika ada kerusakan.

Kusen dan keramikTampilan kusen dan keramik bisa berpengaruh pada penjualan rumahmu. Sebaiknya periksa kembali apakah dua hal ini terlihat baik.

Jika tidak, sebaiknya lakukanlah peremajaan kembali dengan cairan pelitur untuk perabotan maupun kusen kayu. Sedangkan untuk keramik, kamu dapat mengepelnya dengan cairan pembersih khusus. (Ing)

Baca juga: Pilih Karpet sesuai Fungsi Ruangan 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me