Pintar Memilih Rak Buku Berkarakter

Big Banner

Bisnis.com, JAKARTA – Anda suka membaca buku? Jika ya, apakah Anda memahami bahwa kegemaran membaca buku sangat berkaitan dengan bagaimana cara Anda menyimpan buku-buku koleksi itu?

Penyimpanan yang baik dapat memudahkan Anda untuk mencari dan menemukan buku kesayangan Anda sewaktu ingin membacanya. Tak perlu khawatir, Anda dapat menyimpan buku-buku kesayangan di dalam rak buku sesuai pilihan.

Desainer interior asal Manhattan Nick Olsen memiliki beberapa opsi untuk memilih rak buku yang sesuai dengan karakter Anda.

“Setiap apartemen yang saya kunjungi, saya tertarik untuk mengetahui apa yang mereka baca. Jika Anda dikelilingi oleh buku-buku, itu lebih nyaman dibanding hanya ada dinding kosong,” kata Olsen seperti dikutip dari laman New York Times.

Sang desainer dikenal memiliki selera dengan menggunakan warna dan pola yang kuat. Dia juga kerap menggunakan material furnitur modern. Menurutnya menyimpan buku-buku dengan teratur merupakan hal yang penting. Namun, ada beberapa pertimbangan untuk menentukan gaya yang tepat sebelum Anda menentukan rak buku sesuai keinginan.

Pertama, yang harus menjadi pertimbangan adalah di bagian mana Anda berencana menempatkan rak buku tersebut. Sebuah rak etager kecil dapat sekaligus digunakan sebagai meja. Sementara itu etagere yang lebih besar dapat dijadikan partisi.

Kedua, Anda harus mempertimbangkan barang apa saja yang akan disimpan ke dalam rak tersebut. Jika ukuran buku bervariasi, Anda harus mencari rak sesuai dengan ukuran buku. Jika ingin menyimpan barang seperti mainan anak, Anda dapat memilih rak yang memiliki laci pada bagian bawah.

Ketiga, Anda harus mengetahui apakah lebih menyukai lemari dengan jenis terbuka atau tertutup. Jika Anda memilih dengan sisi lemari terbuka, hal itu dapat memberikan kesan lebih ringan. Namun, Anda juga harus menjaga supaya buku-buku koleksi tidak mudah terjatuh dari rak.

Keempat, Anda harus memperhatikan aspek finishing dari rak buku tersebut. Meskipun bagian finishing adalah dapat disesuaikan dengan selera Anda, tetapi memilih finishing dengan menggunakan pernis akan menjadikan kayu lebih tahan lama.

Berikut beberapa rak buku yang dapat dijadikan referensi untuk Anda.

Slim Bookcase.
Rak buku berbahan dasar baja ini adalah pilihan yang baik jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak tempat. Rak ini juga dapat digunakan untuk menyimpan barang lain.

nytimes.com

Nornas Bookcase.
Perusahaan furnitur asal Swedia Ikea telah lama menghadirkan banyak furnitur yang sederhana dan harga yang terjangkau. Namun, rak buku tersebut merupakan rak yang tak kalah dalam segi desain.

nytimes.com

Honeycomb Logam Bookcase.
Jika Anda jenuh dengan rak buku konvensional, rak ini memiliki desain yang unik. Menurut Olsen, rak buku tersebut juga dapat dijadikan sebagai pembatas ruangan atau partisi yang menarik.

nytimes.com

John Dickinson Skyscraper Bookcase.
Rak yang memiliki tinggi sembilan kaki ini merupakan desain dari era 1970-an yang bernuansa vintage. Rak yang diplester dengan warna putih ini memiliki kesan antropomorfik. Selain itu, rak ini memiliki banyak ruang penyimpanan yang terdapat pintu tersembunyi di bagian bawah.

nytimes.com

Parisian Cornice Double Shelving.
Terdapat beragam gaya pada rak jenis ini. Namun, perbaikan gaya sudah dilakukan dengan baik. Rak ini seperti rak yang digunakan oleh baker  klasik di Prancis atau seperti rak bistro. Meski saat ini gayanya lebih ramping, tetapi desain dan garisnya tetap memberikan nuansa klasik. Rak ini banyak dipakai di Paris sejak akhir abad ke-19.

nytimes.com

properti.bisnis.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me