10 Kiat Sebelum “Make Over” Rumah

Big Banner

KOMPAS.com – Diskusi bersama keluarga begitu penting untuk menyatukan persepsi perihal desain, biaya, dan pembagian kerja. Waktu yang terbatas bukan halangan melakukan tata ulang ruangan pada akhir pekan.

Memang banyak tantangan saat Anda melakukan tata ulang sendiri bersama keluarga. Terlebih jika waktu yang tersedia hanya dua hari, Sabtu dan Minggu. Tak hanya itu, kurangnya pengalaman dan ide mendesain terkadang bisa jadi hambatan.

Namun, segala kekurangan tersebut jangan membuat Anda mundur. Ingat kembali, tata ulang akhir pekan adalah sebuah rekreasi. Penuh kegembiraan dan gotong-royong antar-anggota keluarga. Bonusnya, ruangan lama berubah baru, dan suasananya lebih nyaman ditinggali.

Agar semua kegiatan yang diimpikan berjalan lancar, kuncinya hanya dua, yaitu rencana matang dan koordinasi di lapangan. Demi kemudahan Anda, berikut 10 rencana yang bisa Anda iikuti:

1. Tentukan tema

Tema berkaitan dengan konsep ruang yang Anda inginkan. Fungsi apa saja yang ingin diwadahi? Bagaimana pola interaksi serta suasana yang ingin dibangun?

Konsep tentu berguna untuk memberi panduan pada pekerjaan yang akan dilakukan, material yang ingin dibeli, hingga elemen dekorasi ruangan.

2. Referensi desain

Untuk mendapatkan desain sesuai tema, Anda dapat mencari referensi dari buku, majalah, serta internet. Anda dapat menandai desain yang dipilih untuk menjadi panduan ketika menata ulang.

Ingat, yang ada dalam gambar belum tentu cocok untuk rumah. Sebaiknya, Anda berkonsultasi pada arsitek atau desainer terlebih dahulu.

3. Merancang anggaran tambahan

Jauh sebelum merencanakan dekorasi, Anda sudah harus mengetahui plafon dana maksimal yang akan dianggarkan. Siapkan juga biaya tak terduga, sekitar 10 persen-20 persen dari budget yang ditetapkan.

Hal ini penting agar fokus Anda saat mencari ragam elemen interior dan material salah satunya adalah tidak melewati batas anggaran.

4. Buat daftar barang

Setelah tema dan biaya ditetapkan, kini Anda dapat membuat daftar barang yang harus dibeli. Buat skala prioritas dengan jelas dan utamakan barang-barang yang mampu mengubah suasana dalam sekejap.

Jika harga barang melambung, Anda dapat pula membuat furnitur atau elemen dekorasi yang bisa disesuaikan.

 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me