Manfaat Sertifikasi Bagi Agen Properti

Big Banner

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.105/M-DAG/PER/12/2015 tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Real Estat Golongan Pokok Real Estat Bidang Perantaraan Perdagangan Properti, maka kewajiban bagi para agen properti untuk memiliki sertifikasi semakin menjadi suatu keharusan.

Lukas Bong selaku Ketua Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (AREBI) DPD DKI menyambut baik hal tersebut. Lukas mengatakan, untuk menghadapi persaingan yang bakal semakin ketat ke depannya, maka para agen memang wajib untuk memiliki sertifikasi.

“Saat ini mungkin ada yang berpikir hanya merepotkan saja, tapi untuk jangka panjang sertifikasi itu sangat penting. Seperti dulu waktu kita kecil kalau kita disuruh sekolah, ngapain sih sekolah? Tapi penting, kan. Dengan adanya sertifikasi, berarti profesi kita diakui,” kata Lukas saat ditemui di acara roadhsow seminar AREBI DKI di Woodland Park Residence.

BACA JUGA : KEMENDAG BENTUK DIREKTORAT AWASI TRANSAKSI JASA

Lebih lanjut Lukas mengatakan, bagi para agen properti yang tahu manfaatnya, maka mereka akan mengerti soal pentingnya sertifikasi. Itulah kenapa, menurut Lukas, sebenarnya pihak AREBI telah sejak lama mendukung adanya sertifikasi.

“Sertifikasi itu seperti halnya kendaraan dari pemerintah untuk mendukung kerja broker. Fungsinya harus kita optimalkan. Dengan adanya sertifikasi, broker asing kalau mau masuk jualan di sini tidak bisa, dia harus memiliki sertifikasi dari sini. Berarti harus ikut tes, tesnya dalam bahasa Indonesia. Berarti mereka harus belajar bahasa Indonesia terlebih dulu,” jelas Lukas.

Menurut Lukas, saat ini masih sering terjadi broker-broker asing berjualan di Indonesia dengan begitu leluasa. Dengan adanya sertfikasi, maka diharapkan akan dapat meminimalisir terjadinya praktik tersebut.

“Kalau mereka berjualan di sini, itu pajaknya lari kemana, ya dibawa sama mereka. Padahal kita tahu properti di luar tidak mungkin murah. Jadi sertifikasi juga akan dapat meminimalisir terjadinya kebocoran pajak, ” kata Lukas.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me