Hadirkan Nuansa Alami dengan Batu Alam

Big Banner

Jika kamu ingin memiliki nuansa alam pada rumahmu, mengapa tidak memilih batuan alam sebagai ornamen rumah? Ya, batuan alam memang dapat memberikan nuansa alam yang asri dan natural.

Akan tetapi, perlu kamu cermati juga bahwa batuan alam rentan masalah. Jadi, perlu perhatian dan perawatanmu. Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin terjadi pada ornamen batuan alam di rumahmu:

Baca juga: Kamu Pilih Dinding Polos atau Bermotif?

Berlumut

Jika batu alam kamu letakkan di luar rumah, kemungkinan berlumut memang cukup besar. Terlebih jika cuaca hujan dan sering lembap. Untuk menghilangkan lumut, kamu dapat menyikat batu dengan menggunakan kawat dan air berdetergen.

Bernoda

Noda hitam memang lumrah menghinggapi batu alam, terlebih bila yang bertekstur halus seperti batu palimanan, prasjoga, dan batu-batu non-solid lainnya. Kamu dapat menghilangkannya dengan menggunakan amplas, namun akibatnya kualitas batu akan berkurang karena tergerus amplas.

Berembun

Batu yang berembun dapat membuat dasar batu jadi berwarna putih atau abu-abu. Batu yang berembun terjadi karena proses coating yang dilakukan saat batu belum sepenuhnya kering, sehingga cairan coating tercampur air. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengaplas batu lalu kemudian melakukan coating kembali.

Baca juga: Menengok 5 Jenis Batu Alam

Lepas

Bebatuan dapat terlepas jika saat pemasangannya belum sempurna. Jika batu lepas, solusinya adalah pasang ulang batu dengan acian yang lebih kuat, sehingga tidak mudah lepas dalam waktu yang cukup lama.

Batu Ngiler

Masalah lain yang sering terjadi adalah batu ngiler, yakni batu yang seperti keluar cairan yang mengering pada permukaan batu. Kamu bisa menutup bagian yang terkena cairan tersebut dengan semen. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me