Hindari Rugi Saat Lakukan Oper Kredit

Big Banner

Membeli dengan cara oper kredit menjadi salah satu pilihan agar mendapat rumah “baru” dengan harga lebih murah. Meski demikian, jika salah langkah, kamu bisa saja malah membayar mahal dari harapan.

Hanya perlu hati-hati kok! Dijamin, kamu dapatkan rumah dengan harga sesuai rencana dan harapan. Simak tips berikut ini:

Cek Kondisi Rumah dan Lingkungan

Maksud hati membeli rumah siap huni, bukan? Jadi periksa kondisi fasilitas rumah terlebih dulu. Cek kelengkapan dan kelayakan fasilitas rumah. Sejauh mana kamu masih harus lakukan renovasi agar rumah tersebut nyaman dihuni.

Jangan juga lupa periksa lingkungan sekitar. Sebut saja akses jalan perumahan dan tol, air bersih, serta keamanan lingkungan. Kondisi lingkungan ini berpengaruh pada besaran nilai rumah.

Baca juga: Teliti Saat Beli Rumah Over Kredit

Pastikan Kelengkapan Dokumen

Setelah memeriksa kelengkapan fasilitas fisik, bagian penting lainnya adalah dokumen. Keabsahan kepemilikan kamu atas rumah tersebut juga bergantung pada kelengkapan dokumennya. Dengan kata lain, hukumnya adalah wajib!

Tak hanya harus lengkap, periksa pula keaslian dokumen yang disodorkan penjual. Tak sedikit kasus dokumen aspal alias asli tapi palsu, lho!

Rekam Jejak Kredit

Namanya saja over credit, artinya, kamu harus memastikan rumah tersebut memiliki jejak kredit yang baik. Jangan sampai kamu menanggung beban kredit macet dari pemilik sebelumnya, ya!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me