Kempupera Bakal Bangun Anjungan Cerdas di Bali dan Trenggalek

Big Banner

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) berencana membangun rest area seperti yang dikembangkan di Jepang dengan nama Anjungan Cerdas. Anjungan Cerdas tersebut, dapat berfungsi untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas dan juga sebagai tempat wisata.

“Pilot project infrastruktur itu (Anjungan Cerdas) akan berlokasi di Jembrana, Bali dan Trenggalek,” kata Kepala Badan Pengembangan Infrastuktur Wilayah (BPIW) Hermanto Dardak, dalam siaran persnya, Selasa (1/3).

Hermanto mengatakan, Anjungan Cerdas merupakan bagian dari pengembangan wilayah. Ada wilayah-wilayah pertumbuhan yang di dalamnya terdapat pusat-pusat pertumbuhan seperti kawasan ekonomi khusus.

“Wilayah-wilayah tersebut kemudian dihubungkan dengan jalan-jalan utama seperti jalan nasional dan disitulah lokasi prioritas Anjungan Cerdas,” kata dia.

Menurutnya, Anjungan Cerdas memiliki beberapa fungsi yaitu untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas yang mencapai 30.000 korban jiwa per tahun. Kemudian, lanjut dia, untuk pelancong/wisatawan yang melewati jalan nasional dapat menemukan produk-produk lokal.

“Anjungan Cerdas juga dapat menjadi Gardu Pandang untuk melihat pemandangan sekitar. Serta dijadikan sebagai tempat wisata dengan fasilitas penunjang seperti wifi dan lainnya,” tambahnya.

 

Feriawan Hidayat/Imam Muzakir/FER

PR

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me