Rawatlah Perabot Stainless Steel-mu

Big Banner

 

Di rumahmu mungkin ada perabot berbahan stainless steel (anti-karat). Entah itu panci, bak cuci piring, keran, pancuran di kamar mandi, gagang pintu ataupun pagar rumah.

Ya, stainless steel memang material yang sering dipakai karena ketahanannya terhadap panas, noda, dan korosi. Kandungan kromium dalam stainless steel biasanya bereaksi terhadap oksigen di udara dan membentuk lapisan pelindung.

Lapisan tersebut mencegah karat dan mengurangi risiko bercak-bercak atau noda menjadi permanen. Nah, jika permukaan stainless steel tertutup minyak atua kotoran, reaksi tersebut di atas tidak bisa berlangsung. Alhasil, permukaannya menjadi rentan berkarat.

Apabila permukaan stainless steel jarang kita bersihkan, maka akan terlihat kusam dan lama kelamaan akan menimbulkan bintik-bintik hitam dan memicu karat. Berikut adalah tips untuk merawat perabotan stainless steel di rumahmu.

Baca juga: Kiat Bersihkan Perlengkapan Aluminium

Untuk Perabotan Dapur:

• Cuci selalu peralatan habis pakai dengan detergen lembut menggunakan spons, bilas lalu keringkan.

• Bila Anda ingin memolesnya dan membuatnya mengilap bisa menggunakan cuka putih/zitrun dicampur dengan sedikit air, gosok secara berlahan dengan spons atau scoth brite, bilas lalu keringkan.

• Bila ada noda membandel dan sulit dibersihkan, kamu dapat membersihkannya dengan pasta gigi. Oleskan pasta gigi ke perabotan, gosok secara perlahan dengan menggunakan spons atau scoth brite, bilas lalu keringkan.

Untuk Perabotan Kamar Mandi:

• Pada noda ringan, kamu cukup membersihkannya dengan soft detergent atau bisa menggunakan glass cleaner. Cuci keran air, shower set, gagang pintu kamar mandi, hanger (apabila terbuat dari stainless) dengan soft detergent menggunakan spons atau scoth brite. Bilas lalu keringkan.

• Apabila terdapat kerak air, bersihkan dengan menggunakan pasta gigi, bilas lalu keringkan.

• Jika noda kerak air tebal dan membandel, kamu bisa menggunakan cuka putih atau zitrun, dan setelah itu dibersihkan ulang dengan pasta gigi.

Adapun yang perlu kamu hindari sebelum membersihkan perabotan stainless steel yaitu:

• Benda tajam yang dapat menimbulkan goresan karena akan menggores lapisan antikaratnya.

• peralatan pembersih dan senyawa kimia pembersih yang bersifat abrasif.

• Senyawa kimia berkadar asam yang tinggi (HCL, soda api, dan sejenisnya) akan merusak permukaan stainless steel dan menimbulkan noda hitam (seperti terbakar) dan mengubah warna stainless steel yang susah sekali dibersihkan.

Lakukan tips di atas secara rutin agar stainless steel di rumahmu awet.

Sumber: aturduitcom

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me