Tiga Alasan Cerdas Atur Ulang Pinjaman KPR

Big Banner

Dalam bisnis perbankan, kenaikan suku bunga bisa menjadi hal yang muncul tiba-tiba.  Untuk mengantisipasinya, sebagian orang yang memiliki kredit pembelian rumah (KPR), memutuskan untuk mengunci suku bunga kredit di level terendah sebelum naik.

Lalu, apakah langkah tersebut sudah bijak? Semua itu bergantung pada motivasi masing-masing individu. Hanya saja, kadang ada alasan tidak tepat untuk melakukan penguncian pinjaman di suku bunga rendah, seperti ingin memegang lebih banyak uang tunai.

Alangkah baiknya jika kita mempertimbangkan cara lain yang lebih memberikan manfaat di masa mendatang. Misalnya, mengajukan aplikasi atur ulang pinjaman ke bank lebih cepat ketimbang menundanya.

Baca juga: Hindari Rugi Saat Lakukan Oper Kredit

Berikut tiga alasan cerdas yang mungkin bisa menginspirasimu untuk mengajukan aplikasi atur ulang pinjaman rumah ke bank lebih seperti dikutip dari FoxNews:

Mengenyahkan utang kartu kreditMengambil contoh kondisi di Amerika Serikat (AS) yang pernah menerapkan bunga pinjaman rumah 4 persen, maka bunga pinjaman untuk kartu kredit telah mencapai dobel digit. Jadi, lebih baik untuk meminjam dengan bunga di bawah 5 persen dibanding 18 persen di kartu kredit, bukan?

Tambahan keuntungan lain, ada pengurangan biaya pajak untuk kredit pemilikan rumah dibanding pada bunga yang harus dibayarkan di kartu kredit.

Baca juga: Cicilan KPR Naik? Bersiaplah Ubah Strategi!

Menyiapkan uang pensiunJika kamu belum memiliki tabungan pensiun, maka tambahan uang ekstra dari pengaturan pinjaman perumahan bisa digunakan untuk dana pensiun.

Saat bunga pinjaman tidak besarSetelah memperpanjang pinjaman rumah hingga 30 tahun secara fixed, kamu harus tetap memperhatikan bunga pinjaman yang lebih rendah. Misal jika meminjam USD100.000 dengan bunga 6 persen, maka kamu harus membayar USD600 per bulan.

Jumlah bunga yang harus kamu bayarkan mencapai USD116.000. Sedangkan dengan bunga 4 persen, pembayaran bulanan hanya USD475 dan pembayaran bunga USD72.000.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me