Pemotongan Rasio Persyaratan Cadangan Bank Tiongkok Mendukung Pasar Properti

Big Banner

Bank Rakyat China memotong rasio persyaratan cadangan (RRR) bagi bank sebesar 50 basis poin pada hari Senin. Pemotongan RRR, diharapkan melepaskan antara 600 miliar yuan ($ 91 miliar) dan 700 miliar yuan likuiditas, yang akan membantu memperluas kredit perbankan tersedia untuk pasar properti, sektor yang sangat kredit-sensitif, kata para analis.

“Pemotongan RRR akan melepas lebih besar kredit perbankan untuk pengembang properti, memberikan dukungan yang kuat untuk harga perumahan, terutama di kota-kota lapis pertama dan kedua,” kata Dai Ju Peng, seorang analis di Sealand Securities Co

Tambahan likuiditas dalam sistem perbankan akan juga memberi pinjaman yang cepat untuk memperluas pinjaman hipotek pribadi, yang selanjutnya dapat mendorong harga perumahan yang lebih tinggi, Dai menambahkan.

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang menguntungkan untuk mendorong pasar properti di negara itu di tengah perlambatan ekonomi, yang telah membuat saham-saham properti lebih menarik dibandingkan sektor lain dalam hal peluang investasi dalam jangka pendek.

“Kebijakan moneter adalah salah satu faktor paling penting yang membantu menentukan dasar-dasar sektor properti,” kata Yan Changming, seorang analis di Securities Co Industri, dalam sebuah catatan penelitian. “Mengingat pelonggaran moneter sikap oleh bank sentral, sektor ini akan terus mendapatkan keuntungan dari itu.”

Bank sentral menurunkan persyaratan hipotik uang muka ke tingkat terendah yang pernah terjadi  bulan lalu. Departemen Keuangan juga memotong pajak atas transaksi rumah dalam upaya untuk membantu mengurangi kelebihan pasokan di pasar properti.

Analis di Ping An Securities Co telah memperkirakan investor bisa overweight pada saham properti mengingat stimulus kebijakan dan valuasi yang relatif rendah dari pengembang di tengah volatilitas pasar umum.

Xie Haoyu, seorang analis properti di Huatai Securities Co, mengatakan peluang investasi jangka panjang bisa muncul dari pengembang terkemuka yang memiliki kekuatan untuk melaksanakan merger dan akuisisi.

“Reformasi sisi penawaran untuk sektor properti adalah tentang pengaturan pasokan. Diperlukan kegiatan dalam sektor ini untuk bisa membantu mengurangi pasar kelebihan pasokan,” kata Xie.

Sementara pemotongan terbaru RRR dapat membantu memacu penjualan untuk semua pengembang dalam jangka pendek, hanya pengembang properti terkemuka kemungkinan akan mendapatkan keuntungan di tengah reformasi sisi penawaran dalam jangka panjang, Xie menambahkan.

Saham properti rally pada Selasa karena pengembang cenderung mendapatkan keuntungan dari tambahan likuiditas dilepaskan dari penurunan cadangan rasio persyaratan bank oleh bank sentral China.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me