Kementerian PUPR : Pembangunan Rumah Baru Akhir Februari 2016 Mencapai 28,288 Unit

Big Banner

(Berita Daerah – Jakarta) Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat optimistis melalui sinergi yang baik antar institusi dapat menyukseskan Program Sejuta Rumah 2016. Rencananya pembangunan sejuta rumah untuk masyarakat ini akan dibagi menjadi dua yakni 700.000 unit untuk MBR dan 300.000 unit rumah untuk non MBR.

Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat total pembangunan rumah baru dalam Program Sejuta Rumah hingga akhir Februari 2016 sudah mencapai 28.288 unit rumah.

“Progres program sejuta rumah tahun 2016 status per tanggal 29 Februari 2016 totalnya mencapai angka 28.288 unit,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin di Kantor Kementerian PUPR yang dikutip dalam laman pu.go.id, Kamis (3/3).

Dengan pencapaian sekarang, Syarif menyampaikan bahwa pihaknya yakin angka tersebut akan terus naik mengingat masih banyak data pembangunan rumah yang belum masuk ke dalam tim pendataan sejuta rumah. Apalagi masih ada rumah-rumah yang dalam tahap proses pembangunan pada awal tahun ini.

Saat ini dari data yang ada, jumlah pembangunan rumah baru untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan non MBR masih cukup berimbang.  Untuk rumah MBR angkanya sekitar 16.562 unit, sedangkan untuk rumah baru non MBR sekitar 11.726 unit.

“Ini baru angka di awal tahun, masih banyak rumah yang dalam proses pembangunan oleh pengembang, Pemda maupun masyarakat itu sendiri,” terang Syarif.

Dalam upaya mendorong pembangunan sejuta rumah, Kementerian PUPR juga akan melaksanakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang dikenal sebagai Program Bedah Rumah di seluruh wilayah Indonesia. Program tersebut merupakan stimulan dari pemerintah kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas rumah yang dihuninya.

“Untuk program bedah rumah selama ini kami menyalurkannya melalui Program BSPS, program serupa juga kerap dilaksanakan oleh pemerintah daerah namun hingga kini angkanya pembangunannya dari daerah belum kami terima,” ujarnya.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
image  : BD

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me