Investasi Apartemen Jadi Pilihan Menarik di Makassar

Big Banner
Investasi Apartemen Jadi Pilihan Menarik di Makassar

Propertinet.com – Apartmen akan menjadi pilihan paling menarik untuk berinvestasi di Kota Makassar di tengah fluktuasi ekonomi saat ini, sebab menjanjikan imbal hasil yang relatif tinggi seiring pertumbuhan ekonomi Kota Makassar.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan yang relatif tinggi dibandingkan provinsi lainnya, yakni mencapai 7%, mengindikasikan peredaran uang yang tinggi di provinsi tersebut. Pengusaha dan investor Makassar yang bisnisnya tumbuh positif pun tengah mencari instrumen investasi yang tetap untuk mengamankan dan mengembangkan dana mereka.

Praktisi Penjualan Properi dan Mantan Ketua DPP Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Tirta Setiawan mengatakan, saat ini instrumen investasi properti, khusunya apartemen, menjadi primadona sebab dinilai paling menguntungkan dan relatif aman.

Menurutnya, jenis investasi konvensional seperti deposito, saham, dan reksadana saat ini dianggap kurang menarik dan lebih berisiko bila investor tidak memiliki skill yang memadai. Padahal, investasi di sektor properti lebih terjamin sebab nilainya tidak pernah turun.

“Faktanya di lapangan, dalam dua tahun terakhir ini pertumbuhan bisnis properti di Kota Makassar ini cukup tinggi sekitar 10% hingga 15% per tahunnya. Sementara di kota-kota lain, dalam kondisi perekonomian nasional yang belum pulih cenderung melambat, bahkan ada yang stagnan,” katanya melalui siaran pers, Kamis (3/3/2016).

Tirta mengatakan, investasi apartemen di Kota Makassar saat ini akan sangat menguntungkan karena belum banyak dikembangkan. Di sisi lain, kebutuhannya dalam 5 tahun hingga 10 tahun mendatang akan sangat tinggi seiring kemajuan Makassar menjadi kota metropolis modern dan perubahan gaya hidup masyarakatnya.

Saat ini, permintaan terhadap hunian vertikal tengah meningkat, sementara di sisi lain tingkat penawarannya masih sangat terbatas. Dirinya meyakini, investor di segmen apartemen saat ini akan menuai keuntungan minimal dalam dua tahun mendatang.

Pasalnya, saat ini pembangunan Kota Makassar akan makin kencang dan banyak orang datang untuk urusan bisnis. Apartemen akan menjadi akomodasi favorit bagi pebisnis tersebut. Fenomena booming apartemen ini sudah dialami beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

propertinet.com