Sepintas Ciputra Artpreneur dan Seni Modern Indonesia

Big Banner

Jakarta, mpi-update. Ciputra Artpreneur adalah sebuah pusat seni terintegrasi. Di dalamnya terdapat galeri, museum seni, dan teater berstandar internasional seluas sekitar 10.000 meter persegi. Ciputra Artpreneur bertujuan untuk  menjadi mitra inkubator bagi para artpreneurs Indonesia termasuk budaya, pendukung intelektual serta pemberdayaan sumber daya manusia Indonesia.

Majalah Properti Indonesia edisi September 2015 menurunkan secara lengkap ihwal Ciputra Artpreneur. Menurut  Presiden Direktur Ciputra Artpreneur, Rina Ciputra Sastrawinata, Ciputra Artpreneur dikembangkan sebagai sebuah pusat seni terintegrasi galeri, museum seni, dan teater, yang terletak di jantung kota Jakarta di kawasan komersial multiguna Ciputra World 1 Jakarta, merupakan masterpiece karya Ciputra Group yang terletak Jl. Prof. Dr. Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Ciputra Artpreneur merupakan wadah bagi para seniman Indonesia untuk dapat menampilkan karyanya. Kami sengaja membangun Ciputra Artpreneur di pusat kota agar memudahkan bagi masyarakat untuk dapat melihat dan mengapresiasi karya seni, terutama karya seniman Indonesia, sehingga akan terjadi kedekatan antara seniman dengan masyarakat pencinta seni di Indonesia,” tambah Rina.

Artpreneur terdiri dari gabungan dua kata yakni: Art dan Entrepreneur. Art merupakan kegiatan ekspresi manusia yang dituangkan ke dalam bentuk-bentuk visual. Entrepreneur sendiri merupakan kegiatan manusia dalam menciptakan peluang, mengolah sumber daya agar memiliki nilai tambah.

Sebagai suatu aktivitas Artpreneur mempertemukan aspek kesenian dan kewirausahaan di mana kegiatan manusia khususnya kesenian dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku industri terkait.

Di sini terdapat galeri ekshibisi yang memiliki luas kurang lebih 1.500 meter persegi. Ruangan ini dilengkapi fasilitas layar proyeksi jumbo berukuran 60 x 12 meter.

Bersebelahan dengan galeri, terdapat museum seluas 700 meter persegi yang memamerkan pelbagai koleksi Ciputra. Berbagai pameran telah sukses dilaksanakan di Ciputra Artpreneur Gallery. Diantaranya termasuk Indonesia Eye (Jakarta dan London, UK (Saatchi Gallery), Beyond The East (Roma, Italia (MAKRO), pameran Artpreneurship tahunan serta pameran fotografi, Beyond

Ciputra Artpreneur juga memiliki ruang teater dengan kapasitas hingga 1.200 kursi plus area pre-function berluas 1.030 meter persegi. Panggung ini juga dilengkapi dengan laundry room, VIP room, technical office, visiting office dan sembilan dressing room, serta wardrobe dan wig room. Baik pertunjukan kelas internasional dan nasional pernah menggunakan Ciputra Artpreneur Theater.

International shows yang pernah tampil antara lain Disney’s Beauty and the Beast dan La Traviata. Sementara itu local shows yang gaungnya cukup meriah seperti pertunjukan Jakarta Pagi Ini – Slank The Musical, Drama Lasem, Orkestra Avip Priatna, Orkestra Adie MS, dan Konser God Bless.

Sementara itu, Museum Ciputra merupakan sebuah institusi yang memamerkan koleksi seni dari Dr. HC. Ir. Ciputra. Melalui pameran, program, penelitian dan publikasi, museum mendokumentasikan dan mengartikan koleksi benda-benda seni tersebut dengan cara tersendiri. Museum akan menyediakan informasi dan perspektif dari perkembangan seni Indonesia mulai dari era modernisme hingga masa kini.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me