Lippo Siap Pindahkan Portofolio Rp16 T Ke Indonesia Jika Pajak Berganda Dihapus

Big Banner

Jakarta, mpi-update.  CEO Lippo Group, James Riady, mengatakan rencana pemerintah menghapuskan pajak berganda merupakan gebrakan untuk mengembangkan pasar dana investasi real estate  (DIRE) di Indonesia.  Lippo akan menerbitkan kontrak DIRE di Indonesia dan mengalihkan sebagian portofolio DIRE dari Singapura mulai 2016.

Hal tersebut dikemukan James selepas penandatanganan nota kesepahaman antara Lippo Group dengan Mitsubishi, Rabu (28/10/). Dijelaskan  dalam tahap awal, Lippo berencana memindahkan pencatatan portofolio DIRE sebesar Rp35 triliun mulai 2016.

“Ini sangat penting sekali karena kalau Indonesia tidak kembangkan real estate investmen trust (DIRE) proyek properti akan sulit pendanaannya. Ini akan menarik investasi ke Indonesia,” jelas James.

Seperti diketahui Lippo Group melaluii PT Lippo Karawaci Tbk memiliki lini bisnis manajemen aset dengan menerbitkan DIRE di Bursa Singapura. DIRE yang diterbitkan pengembang dengan kode emiten LPKR itu yakni First Reit dan Lippo Malls Indonesia Retail Trust. First Reit diterbitkan sejak 2006 sedangkan LMIR Trust sejak 2007.

Catatan mpi-update  aset yang dikelola First Reit mencapai SG$1,17 miliar per Juni 2015 sedangkan aset kelolaan LMIR Trust mencapai SG$1,84 miliar per Desember 2014.

Sebelumnya, pekan lalu Menteri Keuangan, Bambang P.S Brodjonegoro, menyatakan pemerintah akan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan yang menghapus pajak ganda untuk kontrak investasi kolektif DIRE.

Selama ini, baik penerbit maupun penghimpun investasi DIRE dikenakan pajak. Untuk kepentingan PPh, maka kontrak investasi kolektif di DIRE akan dianggap sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan perusahaan yang dibentuknya hanya untuk menghimpun aset, katanya.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me