Mengenal Lebih Jauh Sunrise dan Sunset Properti

Big Banner

Info Brokerage – Dalam dunia property, ada istilah sunrise dan sunset area untuk menggolongkan lokasi properti. Inilah salah satu faktor yang menentukan, apakah lokasi tersebut prospektif atau tidak. Sunrise properti artinya properti tersebut tengah mekar, harganya akan terus naik seiring perkembangan kawasan. Sebaliknya, sunset properti itu kenaikannya tidak cepat. Bahkan cenderung stagnan atau redup. Jadi, saran banyak pakar property, pilihlah properti yang masuk pada kategori sunrise.

Menurut Anita Dewi, Owner T & T Property, untuk mengetahui apakah properti tersebut tergolong sunrise atau sunset yang harus dilihat adalah inflow atau outflow dari suatu wilayah. Kalau daerah tersebut banyak penduduk yang masuk atau inflow-nya besar, itu berarti wilayah tersebut masuk kategori sunrise properti. “Sebaliknya, kalau outflow yang besar merupakan wilayah sunset. Biasanya kalau sunset properti itu sudah ditinggalkan penduduknya,” terangnya.

Hal senada juga dirasakan Principal Ray White Harapan Indah Boulevard Surya Wijaya. Menurutnya, salah satu ciri Kota Bekasi termasuk ke dalam sunrise properti adalah properti di kota ini sedang berkembang. Terlihat dari banyaknya pengembang-pengembang besar hadir di kota penyanggah DKI Jakarta ini. Menurut Surya, ciri-ciri sunrise properti adalah wilayah yang sedang berkembang dan fasilitasnya belum lengkap. “Future perkembangannya, fasilitas akan lengkap,” jelasnya.

Perkembangan pembangunan inilah yang membuat nilai jual atau harga properti di wilayah ini akan terus naik. Kenaikan bisa lebih dari 20 persen per tahun. Sedangkan, sunset properti memiliki ciri fasilitas di wilayah tersebut telah lengkap. Bisa dikatakan, perkembangan di wilayah tersebut tidak terlihat atau stagnant. Terkait kenaikan harga, sunset properti kurang dari 20 persen.

“Untuk sunset properti bukan berarti properti ini ditinggalkan penduduknya. Contohnya, Kelapa Gading. Wilayah ini termasuk wilayah sunset tapi tidak mungkin ditinggalkan penduduknya, karena sampai hari ini masih menjanjikan. Walaupun, kenaikannya harganya di bawah 20 persen per tahun,” pungkas Surya.

infonitas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me