Pemprov DKI Resmi Hapuskan PBB

Big Banner

Pemprov DKI resmi hapuskan PBB. Namun, hanya lahan dan bangunan tertentu saja yang dapat menikmati fasilitas tersebut

JAKARTA – Berdasarkan informasi yang ada, di tahun 2015 Pemprov DKI memiliki target penerimaan pajak senilai Rp. 7,1 triliun. Namun, di tahun 2016 target penerimaan pajak hanya senilai Rp. 6,4 triliun.

Hal tersebut berkaitan dengan adanya penghapusan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi sebagian masyarakat, dan diamini oleh Kepala Dinas Pelayanan Pajak Agus Bambang Setyowidodo. “Jadi memang ada pengurangan target sekitar Rp 700 miliaran,” katanya seperti dikutip dari laman kompas.com, Selasa (15/2/2016). 

Saat ini, kebijakan pembebasan PBB di DKI Jakarta resmi dijalankan. Namun, hanya lahan dan bangunan dalam kategori tertentu yang dapat menikmati fasilitas tersebut. 

Sebagai catatan, pembebasan PBB tersebut hanya berlaku untuk tanah dan bangunan yang nilai jual objek pajaknya (NJOP) di bawah Rp 1 miliar, atau luas tanah dan bangunannya di bawah 100 meter per segi. Ditambah, lokasi tanah dan bangunan tidak berada di dalam area perumahan ataupun cluster. “Kalau meringankan masyarakat, tentu yang bayar pajak akan lebih banyak,” katanya. 

infonitas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me