Bersaing Secara Sehat

Big Banner

Brokerage – Hadirnya berbagai jenis properti di kawasan Cibubur mendorong tumbunya bisnis broker properti. Berbagai bendera broker, baik asing maupun lokal, berkibar di kawasan ini. Alhasil, suka tidak suka, timbul persaingan di antara mereka. Untuk itu, broker properti mengeluarkan berbagai strategi bisnis guna menggaet konsumen.  

Agustinus Edi, Direktur Utama Century 21 Rasi Utama, mengakui kawasan Cibubur dipenuhi berbagai broker sebagai buntut berkembangnya sektor properti. Namun, kata Agustinus, broker berlabel asing hanya hitungan jari. Justru broker bendera lokal yang berkembang cukup pesat dan jumlahnya jauh lebih banyak dari broker asing.

Agustinus tak membantah adanya persaingan di kalangan pemasar properti. Ia mengatakan persaingan itu terbilang sehat alias masih dalam batas kewajaran. “Meski ada persaingan, namun sering kali sesama broker meski lain bendera saling kerja sama. Misalnya broker bendera lokal kerja sama dengan broker bendera asing,” ujarnya. 

Bita Raharti, Branch Manager Era Star, juga mengungkapkan persaingan broker properti sangat sehat di kawasan Cibubur. Walau bersaing, mereka kerap melakukan kerja sama dalam memasarkan properti. “Kami sebagai broker berbendera franchisee tidak menutup kemungkinan menjalin kerja sama dengan broker lokal,” ujar Bita.

Bita menambahkan broker yang ingin bekerja sama dengan Era Star harus mengikuti aturan main. Misalnya, kedua pihak menyepakati nilai success fee, tanggung jawab masing-masing broker, dan lain-lain. “Kami sudah beberapa kali bekerja sama dengan broker lokal. Sejauh ini mereka setuju dengan aturan main kami,” ujarnya.

infonitas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me