Broker Properti Harus Profesional

Big Banner

Info Brokerage – Menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Eropa (MEA), broker properti Indonesia, termasuk di kawasan harus berbenah. Jika tidak, pasar properti dikuasai broker properti asing yang lebih profesional.

“Saat ini, banyak broker properti kita yang belum profesional. Mereka menjadikan broker properti sebagai pekerjaan sampingan. Umumnya mereka adalah ibu rumah tangga atau berprofesi di bidang lain,” kata Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Hartono Sarwono belum lama ini.

Alasan keinginan mencetak broker profesional, maka dibentuklah AREBI pada 1992. “AREBI dibentuk dengan kesadaran bahwa broker properti harus punya tiga hal yaitu keahlian, profesionalisme, dan etika,” ujarnya.

Menurutnya, bisnis broker adalah bisnis kepercayaan. Jadi, transaksi yang dilakukan harus didasari informasi yang benar. Hartono mengakui, saat ini banyak broker memasang iklan (listing) dengan informasi yang tidak akurat. Bahkan sengaja dibuat untuk memancing calon konsumen mengontak, kemudian menawarkan listing yang lain.

Etika lain yang kerap dilanggar oleh broker, sambungnya, adalah listing properti yang sebelumnya telah diiklankan oleh broker lain. Hal inilah yang menyebabkan kualitas listing rendah. Broker sebagian menyembunyikan listing, karena takut diserobot broker lain. Dia memaparkan, agar broker properti profesional, ada beberapa persyaratan, pertama, dalam menjalankan profesi harus taat perundang-undangan yang berlaku. Regulasi ini dibuat pada dasarnya untuk melindungi hak para broker.

Kedua, adalah standar profesi. Broker properti profesional harus punya standar profesi yang dibuktikan dengan sertifikat. “Saat ini sudah ada 2.800 member broker yang mengikuti training sertifikasi. Diharapkan, broker lain segera mengikuti,”  tutupnya. Sebagai upaya meningkatkan kualitas broker di dalam negeri AREBI mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti. Rencananya akan beroperasi pada 2016.

infonitas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me