Kinerja 5 Pengembang Besar dalam 5 Tahun Terakhir

Big Banner

Bisnis properti memiliki multi efek yang luar biasa terhadap rentetan industri barang dan jpendukung lainnya. Maju mundurnya kinerja dan kiprah sejumlah konglomerasi besar berdampak langsung terhadap sejumlah sub sektor lainnya.  Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi November 2015 menurunkan laporan utama (Fokus tentang kinerja 5 grup emiten besar di bisnis properti selama 5 tahun terakhir.

Sebelum berakhirnya tahun 2015, Pusat Data MPI menurunkan catatan kinerja 5 tahun (2010 – 2014) beberapa grup besar papan atas yang telah menjadi perusahaan terbuka (emiten). Catatan MPI menunjukkan, kelima grup besar tersebut berhasil membukukan kinerja yang cemerlang dengan catatan pertumbuhan sales revenue rata-rata di atas 30 persen, bahkan ada yang hingga 75%.

Kelima grup besar yang selama ini menguasai pasar properti tanah air ini, diantaranya, PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) PTBumi Serpong Damai Tbk. (BSDE), PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA), serta PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN).

Menarik, sepanjang lima tahun terakhir, LPKR merupakan pengembangyang masih belum tertandingi dari aspek sales revenue, dan menduduki peringkatpertama. Namun, menyangkut laba bersih, raksasa properti yang dibangun oleh keluargaMochtar Riyadi ini hanya 2 kali mencatat peringkat satu. Yakni, pada tahun 2012 dan 2010. Selebihnya dipegang oleh BSDE pada tahun 2014, 2013 dan 2011.

Lippo menganut model bisnis yangmenyeimbangkan antara pendapatan langsung (curring income) melalui sejumlahproyek propertinya serta, pendapatan yang berulang (recurring) melalui penyewaan sejumlah asset komersial. Komposisi penjualan properti development sebesar 60% dan penyewaan aset komersial 40%. Kontribusi laba berasal dari unit usaha properti sebesar 64%, healthcare sebesar18%, komersial sebesar 10%, dan Asset Management sebesar 8%.

Dapatkan Majalah Properti Indonesia edisi November 2015 di agen dan took-toko buku atau dalam bentuk digital di : http://www.getscoop.com/id/search?s=PROPERTI+Indonesia  atau di http://www.wayang.co.id/index.php/majalah/properti-indonesia

mpi-update.com