Pemecahan Rekor MURI Pembangunan Rumah T 36 Tercepat

Big Banner

Bogor, mpi-update.  Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan memberikan apresiasi kepada PT. Bangunperkasa Adhitamasentra yang memecahkan rekor Museum Rekor Indonesiasi (MURI) untuk kategori Pembangunan Rumah Layak Huni Tipe 36 Meter Persegi Tercepat dalam waktu 22 jam 50 menit.

Dikutip dari web resmi PUPR menyatakan  bahwa adanya prestasi tersebut diharapkan dapat mendorong suksesnya program sejuta rumah seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. “Kami (Kementerian PUPR-red) sangat mengapresiasi pemecahan rekor MURI oleh PT. Bangunperkasa Adhitamasentra yang telah membangun rumah tipe 36 tercepat. Hal itu bisa menunjukkan bahwa pembangunan rumah juga bisa dilaksanakan dengan cepat dengan kualitas bangunan yang baik,” kata Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Dedi Permadi saat mewakili Dirjen Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin saat hadir dalam pengukuhan rekor MURI di Kompleks Industri Branta Mulia, Jalan Pahlawan, Citeureup, Bogor beberapa waktu lalu.

Meskipun terbilang pembangunan rumah itu bisa dilaksanakan dalam waktu yang singkat, cepat dan bahan bangunannya murah dan berkualitas juga akan dilakukan penelitian oleh Balitbang Kementerian PUPR. “Penelitiannya termasuk apakah rumah tersebut tahan gempa apa tidak sehingga juga dapat menjamin keamanan dan keselamatan para penghuninya,” imbuhnya.

Rumah modular yang dibangun tersebut, imbuhnya, juga bisa dibangun untuk lokasi-lokasi yang terkena bencana alam karena dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara masyarakat ketika tanggap bencana. Selain itu juga bisa dibuat di daerah perbatasan karena bahan materialnya mudah dibawa dan kualitasnya juga tahan terhadap cuaca.

“Kami juga berharap para pengembang maupun masyarakat luas bisa mengembangkan rumah yang layak huni dengan menggunakan produk ini,” tandasnya.

Proses pembangunan rumah tipe 36 tersebut dilakukan oleh 12 orang pekerja mulai hari Rabu tanggal 18 Agustus 2015 pukul 08.30 WIB dan selesai dikerjakan pada hari Kamis 19 November 2015 pukul 07.20 WIB. Rumah tersebut dibuat dengan menggunakan sistem panel berlapis dimana produk GRC Board digunakan sebagai kulit penutup dari panel berlapis tersebut sehingga hasil akhirnya halus dan rapi.

Bangunan tipe 36 tersebut atapnya berwarna merah serta dindingnya dicat dengan dominasi warna kuning diluar dan putih di dalam memang terlihat sangat mencolok. Desain interior dan eksterior yang rapi dan memiliki dua kamar tidur dan satu kamar mandi membuat ruangan di dalamnya tampak lebih luas.

Pada kesempatan itu, piagam rekor MURI diserahkan secara langsung oleh Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo kepada Veronica dan Teddy Sugianto dari PT. Bangunperkasa Adhitamasentra.

Sementara itu, Direktur PT. Bangunperkasa Adhitamasentra Richard Sugianto menuturkan bahwa pembangunan rumah tipe 36 yang mampu memecahkan rekor MURI untuk pembangunan rumah tercepat didasari atas keinginan perusahaannya untuk membantu pemerintah untuk Program Sejuta Rumah. Apalagi produk papan semne GRC Board juga dapat digunakan untuk membangun rumah yang berkualitas, murah dan ramah lingkungan

mpi-update.com