Jakarta Menuju Global City Melalui Reklamasi

Big Banner

Jakarta, mpi-update. Wilayah Provinsi DKI Jakarta kian lama semakin sempit seiring pertumbuhan penduduk setiap tahunnya. Dengan luas daratan 661,52 km2 dan lautan seluas 6.977,5 km2, DKI Jakarta kini memiliki penduduk 9,041 juta jiwa dengan kepadatan penduduk 13.667,01 jiwa per km2. Reklamasi merupakan jawaban yang paling tempat untuk mengatasi persoalan kekurangan lahan di Jakarta. Karena jika kelangkaan lahan dibiarkan tanpa ada solusi, maka bisa dipastikan Jakarta akan mengalami stagnasi pembangunan pada masa mendatang.

“Bagi Pemda DKI, reklamasi adalah jawaban terhadap persoalan yang tidak seimbang antara pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya dengan ketersediaan lahan yang luasnya tidak lebih dari 661,52 km2,” ujar Tuty Kusumawati, Kepala Bappeda DKI Jakarta saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk “Reklamasi, Solusi Jakarta Menuju Global City”, di Jakarta, Kamis (26/11) yang diselenggarakan Housing Editor Club (HEC)

Lebih lanjut Tuty mengatakan, kota-kota besar di dunia, seperti Dubai, Korea, Singapura, Jepang serta China sudah melakukan upaya ini. Mereka melakukan reklamasi, karena upaya tersebut di samping dapat dimanfaatkan untuk penataan perkembangan wisata bahari, pemukiman penduduk, kawasan industri, bisnis dan lahan pertanian serta pelabuhan. Selain itu, reklamasi juga mempunyai dampak positif sebagai daerah pemekaran kawasan dari yang semula tidak berguna menjadi bernilai ekonomi tinggi.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Arthur Batubara, Wakil Ketua Umum DPP REI. Menurut dia, karena dengan reklamasi, pengembang bisa ikut berperan dalam hal penyediaan hunian. “Kebijakan Pemda DKI Jakarta melakukan reklamasi Teluk Jakarta, sejalan dengan upaya pengembang properti dalam hal penyediaan hunian yang saat ini terkendala karena keterbatasan lahan di wilayah Jakarta,” kata Arthur.

Mengingat perlunya reklamasi bagi pertumbuhan wilayah dan pembangunan kota Jakarta ke depannya, kata Arthur, idealnya Pemda DKI harus mengedukasi warganya bahwa apa yang mereka lakukan dalam hal ini reklamasi adalah sesuatu yang integral dan komprehensif dalam rangka menata Jakarta menjadi lebih baik pada masa depan.“Jadi, kalau reklamasi terealisasi, maka Jakarta akan sejajar dengan kota-kota besar di dunia seperti Singapura, Korea, Jepang, Dubai dan China,” uajarnya.  YS

 

 

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me