ISPI Group Luncurkan Rumah Subsidi di Cileungsi

Big Banner

Jakarta, mpi-update. Untuk mendukung program pembangunan sejuta rumah bagi masyakarat berpenghasilan rendah (MBR), ISPI Group merilis rumah subsidi dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebanyak 200 unit. Rumah FLPP bertajuk klaster Amarylis ini dibanderol seharga Rp126 juta dengan tipe 23/60. Lokasinya berada di dalam kawasan pengembangan perumahan Mutiara Venezia Residences, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Karena harganya terjangkau, rumah FLPP yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektar itu diserbu oleh konsumen. “Pasti hari ini habis, karena dari 200 unit yang kami tawarkan itu yang memesan mencapai 323 orang. Hal ini terlihat bahwa minat masyarakat untuk memiliki rumah sangat tinggi,” kata Preadi Ekarto, Komisaris Utama ISPI  Group, disela acara peluncuran klaster Amarylis, di Cileungsi, Sabtu (28/11).

“Karena ini rumah subsidi, maka kami berikan uang mukanya hanya 1% saja dan BTN memberikan bunga 5% selama 20 tahun,” ujar Preadi. Klaster Amarylis di perumahan Mutiara Venezia sebanyak 200 unit merupakan klaster terakhir yang dikembangkan oleh ISPI Group di atas lahan seluas 20 hektar. Sebelumnya sudah terbangun sebanyak 1.500 unit rumah di Mutiara Venezia.

“Tak mungkin kami meninggalkan kelas bawah. Ceruk pasarnya besar. Sejak 22 tahun lalu, kami selalu mengalokasikan lahan untuk dikembangkan rumah murah di proyek-proyek yang kami bangun,” kata Preadi seraya mengatakan walau margin keuntungan tipis, namun membangun rumah bagi MBR justru menghidupkan kawasan pengembangan.

Prinsip hunian berimbang 1:2:3, tambah Preadi, pada dasarnya adalah mengintegrasikan kalangan masyarakat dengan strata dan status sosial ekonomi berbeda dalam satu kawasan agar tercipta harmoni dan keseimbangan. “Jadi, meski terdapat rumah murah, tapi kami membangun lingkungan, fasilitas, dan sarana lainnya dengan standar kualitas untuk kelas menengah atas,” ujar Preadi.

Tahun depan, selain melansir hunian vertikal di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Depok, dan Bekasi Barat, ISPI Group juga masih akan membangun rumah murah subsidi. “Jumlahnya 400 unit tersebar di Bekasi dan Cikarang. Lokasinya menempel di proyek-proyek yang sudah ada,” kata Preadi.

Sementara itu, Bambang Prasetyo, Kepala Cabang Bank BTN Cikarang mengatakan, BTN akan terus mendukung ISPI Group dalam membangun perumahan untuk kalangan MBR yang menggunakan FLPP. “Kami akan terus mendukung agar semakin banyak masyarakat yang memiliki rumah yang layak huni,” kata Bambang. YS

 

 

 

mpi-update.com