DPP REI Banten Serahkan Dua Unit Rumah Gratis

Big Banner

Serang, mpi-update.  Dewan Pengurus Daerah Perusahaan Realestat Indonesia Provinsi Banten menyerahkan dua unit rumah gratis kepada warga tidak mampu di Kota Serang.

“Rumah yang kami serahkan berlokasi di Perumahan Taman Banten Lestari di Kecamatan Serang, Kota Serang,” kata Ketua DPD REI Provinsi Banten Soelaeman Soemawinata di Serang Provinsi Banten, Sabtu.

Dia mengatakan, pemiihan kepala keluarga yang berhak menempati rumah tersebut diserahkan kepada pihak independen di Provinsi Banten.

Terdapat 10 kriteria kepala keluarga yang berhak menempati rumah sumbangan DPD REI Banten diantaranya tergolong masyarakat berpenghasilan rendah, tidak bergabung dalam organisasi terlarang, tidak terlibat kasus narkoba, diusulkan bukan usulan sendiri, jelas Soelaeman.

Soelaeman mengatakan penetapan kedua kepala keluarga ini sudah merupakan keputusan yang adil, tidak ada rekayasa, dan tidak ada unsur suap di dalamnya.

Pemberian rumah gratis ini merupakan agenda tahunan program Ramadhan Rumah Impian dan Berbagi Bersama BTN yang diserahkan secara simbolis Plt Gubernur Banten Rano Karno dan Wakil Ketua MPR-RI Mahyudin.

Ketua DPP REI Eddy Hussy mengatakan, program Ramadhan merupakan salah satu program tanggung jawab sosial (CSR) REI.

Program ini diluncurkan untuk memberikan manfaat terhadap masyarakat dan lingkungan dengan memberikan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan agar tidak salah sasaran.

“DPP REI memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para pengembang yang telah berpartisipasi menjadi donatur pada program ini. Dengan banyaknya pengembang yang ikut mendukung program ini, maka akan semakin banyak masyarakat yang membutuhkan hunian layak dapat terbantu,” jelas Eddy Hussy.

Soelaeman mengatakan pada tahun 2015 ini penyelenggaraan program RRI berlangsung untuk kedua kalinya di Banten setelah menjadi program nasional DPP REI pada tahun 2014.

DPD REI Banten mendapatkan dukungan dari empat pengembang sebagai donatur. Donatur tersebut adalah PT Alam Sutera Tbk, PT Citra Maja Raya, PT Paramount Land, dan PT Lippo Karawaci Tbk.

“Keempat donatur tersebut sepakat menyumbangkan donasinya dari program CSR di masing-masing perusahaan untuk menyediakan satu unit rumah gratis bagi masyarakat tidak mampu,” ujar Soelaeman.

Program Ramadhan Rumah Impian dijalankan 11 DPD REI, yakni REI Sulawesi Selatan, REI Jawa Timur, REI Jawa Barat, REI DKI Jakarta, REI Sumatera Selatan, REI Batam, REI Kalimantan Selatan, REI Kalimantan Barat, REI Jambi, REI Riau, REI Sumatera Utara dan REI Banten.

Rumah gratis yang diberikan sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap sesama yang disumbangkan oleh para pengembang anggota REI dan seluruh stakeholder.

Program ini memiliki tujuan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah dan membutuhkan bantuan untuk bisa memiliki tempat tinggal yang layak. Pelaksanaan program ini akan berkontribusi positif serta selaras dengan program “Satu Juta Rumah” yang dicanangkan oleh pemerintah.

Bank Tabungan Negara (BTN) menjadi bank pendukung pada tahun ini dan produsen cat Mowilex kembali mendukung program ini melanjutkan kerjasama yang telah terjalin sejak 2014. Total nilai bantuan melalui program ini mencapai sekitar Rp 7 milyar.

Plt Gubernur Banten Rano Karno berharap bantuan rumah gratis ini dapat ditambah untuk Ramadhan mendatang tidak hanya dua unit rumah, mengingat masyarakat yang membutuhkan masih sangat banyak.

Rano juga berharap pengembang anggota REI dapat membangun rumah tidak hanya di kota Tangerang dan kota Serang, tetapi juga bebeapa kabupaten di Provinsi Banten.

Saat ini di Kabupaten Lebak akan dibangun pabrik semen dan pembangkit listrik dipastikan akan banyak pekerja yang membutuhkan rumah, hal ini akan menjadi peluang tersendiri, ujar Rano. (Ant.)

mpi-update.com