Daftar Gedung Pencakar Langit yang Dibangun di 2015 – Property

Big Banner

JAKARTA – Tahun 2015 merupakan tahun yang sangat penting bagi perkembangan arsitektur dan gedung-gedung pencakar langit. Di tahun ini sejumlah karya gedung-gedung tinggi dengan beragam inovasi muncul.

Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) sebagaimana diberitakan telah berhasil mengumpulkan pembangunan gedung dari Januari sampai Desember 2015. Berikut adalah daftarnya seperti dilansir Emirates274, Kamis (31/12/2015),

1. Januari

Menara ramping di Jalan 57th 111 West, Manhattan telah menerima persetujuan akhir oleh Departemen Bangunan Kota New York pada tanggal 6 Januari 2015. Menara tersebut memiliki ketinggian mencapai 426 meter. Gedung tersebut menjadi salah satu gedung tertinggi di Manhattan.

2. Februari

57 Story merupakan gedung pencakar langit yang menghiasi Changsha, China. Broud Group, sebuah perusahaan yang khusus menggarap proyek prefabrikasi gedung-gedung bertingkat, telah menyelesaikan bangunan tertinggi mereka untuk saat ini, 57 Story yang meliputi 57 lantai di Changsha, China. Pembangunan gedung tersebut menggunakan teknik konstruksi modular.

3. Maret

London menawarkan solusi untuk pencakar langit bayangan. Sebuah proposal untuk pembangunan kompleks dua menara tanpa bayangan di London telah diajukan. Menggunakan pemodelan komputer, perusahaan menempatkan dua menara melengkung dan berhadapan sehingga dapat mengurangi bayangan sebesar 60 persen. Menara yang satu akan menahan sinar matahari kemudian menara lainnya memantulkan sinar matahari ke bawah.

4. April

Sejak 1970 tidak menerima proyek apartemen lebih dari 50 meter. Tahun ini akhirnya negara tersebut menyetujui sebuah proyek apartemen setinggi 50 meter. Hal tersebut dapat dilakukan setelah adanya perubahan peraturan pembangunan yang memperbolehkan gedung-gedung tinggi dibangun di wilayah Kota Paris. Perumahan tersebut meliputi 200 apartemen dengan teras membentuk spiral ke atas.

5. Mei

Pengembang dan desainer properti dari Ping An Finance Center di Shenzhen, China melakukan peletakan batu pertama dari bangunan tertinggi di Shenzhen, China dimulai.

6. Juni

Arsitek asal Paris yang merupakan arsitek khusus bangunan dari kayu mengajukan sebuah proposal proyek pembangunan gedung tertinggi dari kayu untuk kompetisi di Reinventer Paris.

7. Juli

Komite Kota Yerusalem, Palestina telah menyetujui pembangunan gedung tinggi sebagai bagian dari revitalisasi pusat kota. Gedung pencakar langit berbentuk piramida akan menampilkan sebuah hotel butik, apartemen mewah, fasilitas ritel, restoran, dan plasa publik.

8. Agustus

Tokyo akan membangun bangunan tertinggi berukuran 390 meter, yang terletak di dekat Stasiun Tokyo, yang menjadi stasiun tersibuk di kota tersebut. Sebagai rencana jangka panjang, juga akan dikembangkan stasiun Tokyo. Pembangunan gedung tertinggi di Jepang ini diharapkan selesai pada tahun 2027.

9. September

Pembangunan gedung pencakar langit di bawah perusahaan konstruksi BD Bacata, di Bogotá, Kolombia akan menjadi gedung tertinggi di negara setempat.

10. Oktober

Pembangunan Australia 108 resmi dimulai, di Melbourne. Digadang-gadang bangunan ini akan menjadi bangunan tertinggi di bagian selatan Australia. Diharapkan bakal selesai sampai 2020, paling cepat 2018.

11. November

Bangunan yang meraih penghargaan sebagai “2015 Best Tall Building Worldwide”, bernama Bosco Verticle terletak di distrik Porta Nuova Milan, Italia. Gedung tersebut memiliki ketinggian 110 meter dan 76 meter. Sedikitnya 900 pohon akan ditanam di dua menara tersebut, masing-masing berjumlah 550 dan 350.

12. Desember

Komisi Rencana Tata Kota Chicago menyetujui pembangunan Vista Tower senilai USD1 miliar atau setara dengan RP13,6 triliun. Bangunan tersebut memiliki ketinggian 361 meter, berada di tengah-tengah di antara Aon Center dan Trump International Hotel dan Tower.

property.okezone.com