Pengembangan Infrastruktur Pengaruhi Performance Hotel – Property

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah terus didorong untuk membenahi infrastruktur dan fasilitas pelayanan publik di Indonesia, khususnya di bandar udara. Sebab, hal tersebut akan berdampak pada pertumbuhan bisnis perhotelan.

Hal ini mengingat, bandar udara saat ini menjadi salah satu tempat vital arus keluar-masuknya wisatawan yang tentunya dapat mendongkrak perekonomian Indonesia.

“Di bandara harus lebih bagus lagi karena ini gerbang utama wisatawan, ada beberapa yang harus diperbaiki, karena dengan banyaknya spot di Indonesia itu sebenarnya menjadi potensi lagi buat Indonesia,” ujar Associate Director Research Services Colliers International, Ferry Salanto, di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Hal tersebut berkaitan dengan performance hotel di Bali pada kuartal IV di tahun 2015, di mana tingkat rata-rata harian atau Average Daily Rate (ADR) mengalami penurunan sebesar 1,90 persen atau sebesar USD117.70 setara dengan Rp1.641.326.

Namun, meski demikian tingkat hunian rata-rata atau Average Occupancy Rate (AOR) mengalami peningkatan 2,04 persen dari kuartal sebelumnya, atau sebesar 61,38 persen.

Sedangkan untuk di daerah Surabaya, AOR mengalami peningkatan sebesar 3,51 persen dari kuartal sebelumnya, tapi ADR-nya mengalami penurunan sebesar 1,38 persen.

“Selain pengembangan infrastruktur, juga kompetisi bisnis hotel semakin ketat, melemahnya rupiah, dan bencana alam,” kata Ferry.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me