Tips Membeli Rumah Bagi Anak Muda – Property

Big Banner

JAKARTA – Memiliki rumah merupakan impian setiap orang. Apalagi anak muda yang baru menikah. Namun, untuk dapat memiliki rumah, ada beberapa hal yang harus Anda cermati terlebih dahulu.

Akan sangat bijak bila sedari awal bekerja Anda langsung membuat rencana membeli rumah di lokasi yang masing-masing dekat dengan keluarga, yang mudah di akses dengan beragam model transportasinya, dan sebagainya.

Umumnya kaum muda adalah pembeli rumah pertama. Untuk rumah pertama, terlebih tipe 70 meter persegi ke bawah, bank biasanya mensyaratkan uang muka yang ringan, antara 10-20 persen.

Berkaitan dengan hal tersebut perkirakan kapan rumah akan dibeli dan mulailah menabung uang mukanya. Misal rumah tipe 36/72 seharga Rp300 juta saat ini, bila dibeli tiga tahun lagi maka akan menjadi Rp400 juta dengan asumsi harga naik rata-rata 10 persen per tahun (net). Kalau uang mukanya 20 persen atau Rp80 juta, ditambah biaya KPR dan lain-lain menjadi Rp90 juta, berarti sejak sekarang Anda harus menabung minimal Rp2,5 Juta perbulan.

Kalau berat menyisihkan gaji sebesar itu, cari rumah dengan uang muka 10 persen atau Rp40 Juta ditambah biaya-biaya KPR menjadi Rp50 Juta. Jadi Anda cukup menabung Rp1,4 juta per bulan. Hanya saja dengan uang muka yang lebih kecil, Anda harus dapat membayar cicilan bulanan lebih besar.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me