Apindo Sambut Baik Asing Miliki Properti di Tanah Air – Property

Big Banner

JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyambut baik kebijakan pemerintah yang tertuang dalam paket kebijakan I, yang salah satu aturannya mengatur kepemilikan asing dalam properti di Tanah Air.

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani mengatakan, dengan semakin terbukanya properti Tanah Air kepada asing, aturan tersebut dirasa cukup bagus dan tidak perlu dikhawatirkan.

“Saya rasa cukup bagus karena kita harus buka diri ke asing. Menurut saya tidak perlu dikhawatirkan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Pasalnya, tutur Hariyadi, ada sistem zonanisasi (zoning) atau sistem yang terkait dengan Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK) yang diharapkan bisa dilakukan guna mengatur kepemilikan properti oleh asing di Tanah Air.

“Properti asing, sebetulnya masuknya ritel. Dibatasi oleh jangka waktu. Tidak apa-apa,” jelasnya.

Sekadar informasi, dalam paket kebijakan ekonomi jilid I, pemerintah menyisipkan kebijakan terkait kemudahan warga negara asing (WNA) untuk memiliki properti di dalam negeri. Adapun beberapa aturannya antara lain WNA boleh memiliki properti di Indonesia dalam bentuk tapak atau residensial, serta kepemilikan asing dalam properti Indonesia bisa mencapai 80 tahun, dan boleh memiliki apartemen senilai mencapai Rp10 miliar.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me