Padang Terbitkan 948 Izin Mendirikan Bangunan di 2015 – Property

Big Banner

PADANG – Dinas Tata Ruang Tata Bangunan (TRTB) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menerbitkan sebanyak 948 Izin Mendirikan Bangunan (IMB) selama tahun 2015.

“Selama tahun 2015 permohonan izin yang masuk ada sekitar 1.000 lebih, akan tetapi yang diterima karena melengkapi dan memenuhi syarat hanya 948,” kata Kepala Dinas TRTB Kota Padang, Afrizal di Padang, Jumat (22/1/2016).

Dia mengatakan jumlah tersebut terdiri atas rumah tempat tinggal, perumahan, hotel, mall, kantor, sekolah dan yang lainnya.

Jumlah tersebut meningkat dari IMB yang dikeluarkan pada tahun 2014 yang hanya 869.

“Kesadaran warga untuk mengurus izin mulai meningkat, terlihat dengan meningkatnya jumlah IMB yang dikeluarkan dan izin yang banyak adalah mendirikan bangunan tempat rumah tinggal,” jelasnya.

Untuk ke depannya, TRTB akan lebih memperketat pengawasan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai seberapa pentingnya IMB.

Selain itu, sosialisasi juga akan selalu dilakukan terutama melewati lurah, karena lurah merupakan pengawasan terdepan dan dekat dengan lingkungan masyarakat.

“IMB juga menguntungkan pemilik bangunan, karena hal tersebut akan menambah nilai jual bangunan,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan meningkatnya warga yang mengurus IMB, membuat pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari IMB melebihi target yang telah ditentukan.

“Target PAD tahun 2015 sebesar Rp11,5 miliar, pencapaiannya melebihi Rp12 miliar,” lanjutnya.

Untuk itu, katanya pada tahun 2016 TRTB akan meningkatkan target PAD dari IMB menjadi Rp12,5 miliar

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me