Mahasiswa Jurusan Arsitektur Ditantang Ciptakan Rumah Murah – Property

Big Banner

JAKARTA – Mahasiswa jurusan arsitektur di Auburn University membuat hunian berkualitas tinggi namun dengan harga terjangkau. Dengan program “Social Justice Architecture”, mereka merancang rumah murah bagi masyarakat miskin di pedesaan yang disebut 20K Project.

Saat ini, sudah hampir satu dekade pembangunan hunian murah tersebut, dan rencananya akan dibuat secara massal dan dimulai dari pedesaan New Urban, Serenbe Chattahoochee Hills di Georgia.

Seperti dilansir Inhabitat, Sabtu (23/1/2016), proyek tersebut dimulai sejak 2005 sebagai proyek penelitian yang bertujuan untuk menciptakan perumahan massal dengan harga yang terjangkau. Hunian tersebut dibanderol USD20.000 atau Rp276,2 juta (kurs Rp13.810).

Hingga saat ini, sudah ada 17 prototipe yang dibangun dengan harga murah yang di dalamnya meliputi satu kamar tidur atau dua kamar tidur. Dua rumah satu kamar tidur, satu kamar mandi yang memiliki luas 550 kaki persegi masing-masing.

Bahan-bahan dibeli dari Home Depot dengan biaya sekira USD13.000. Kemudian rumah dirancang dengan pemanasan dan pendinginan pasif prinsip-prinsip untuk menjaga biaya utilitas rendah.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me