Kadin Nilai RUU Tapera Bikin Dunia Usaha Tidak Kompetitif! – Property

Big Banner

JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menilai jika Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) disahkan, akan membuat dunia usaha semakin tidak kompetitif. Sebab, beban yang dirasakan dunia usaha sudah banyak setelah sebelumnya ada kewajiban BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

“Apabila dalam pelaksanaannya jadi, banyak hal yang dibebankan ke dunia usaha yang tidak diperlukan, ya akan menambah beban dan membuat dunia usaha tidak kompetitif,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Padahal, menurut Rosan, selama ini pemerintah berambisi menjadikan dunia usaha semakin kompetitif serta mampu menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

“Karena apa yang dicanangkan ini, seharusnya melihatnya keinginan mendorong dunia usaha makin kompetitif dan menciptakan lapangan kerja,” tuturnya.

Meski demikian, RUU Tapera sebenarnya merupakan inisiatif baik yang diusung pemerintah sebagai sebagai bentuk upaya pemerintah memenuhi kebutuhan pembiayaan pembangunan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Jadi, kita melihat bahwa pemerintah dalam hal ini niat baik tapi menambah beban cukup besar untuk dunia usaha menjadi kurang kompetitif,” pungkasnya.

Sekadar informasi, pemerintah kini tengah memasuki tahap akhir dalam menggarap Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang ditargetkan akan menjadi Undang-Undang lebih cepat, yakni pada Februari 2016 dari sebelumnya Maret 2016.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me