Kementerian PUPR Bangun Rumah Susun untuk Brimob – Property

Big Banner

YOGYAKARTA – Brigade Mobil Polda DIY kini memiliki rumah susun yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang sudah bisa ditempati oleh personel dari unit kepolisian itu.

“Kebutuhan rumah untuk anggota kepolisian sangat banyak karena belum semua anggota kepolisian bisa ditampung di rumah dinas. Oleh karena itu, kami memberikan apresiasi atas pembangunan rumah susun ini,” kata Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen (Pol) Sabar Rahardjo di sela peresmian Rumah Susun Brimob DIY di Yogyakarta, Rabu (3/2/2016)

Saat ini, dari 429.459 personel kepolisian, baru 19,6 persen atau 84.207 personel yang mampu ditampung di rumah dinas. Kepolisian terus meningkatkan upaya memenuhi kebutuhan rumah sejak lima tahun terakhir melalui kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Hingga 2014, kepolisian sudah menerima bantuan rumah susun sebanyak 78 “twinblock” dan rumah khusus 401 unit yang tersebar di beberapa wilayah. Sedangkan pada 2015 dibangun 41 rumah susun “twinblock” dan 1.044 rumah khusus.

Pemenuhan rumah dinas akan dilanjutkan tahun ini yaitu membangun rumah susun 50 “twinblock” dan 550 rumah khusus.

Sedangkan rumah susun di Mako Brimob DIY memiliki spesifikasi satu “tower block” dengan tiga lantai, terdiri dari 34 unit dengan luas masing-masing 45 meter persegi. Setiap ruangan sudah dilengkapi dengan perabot rumah tangga.

Selain di Yogyakarta, pada hari yang sama juga diresmikan rumah susun dan rumah khusus untuk anggota kepolisian di Bali, Lido dan Batam.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin mengatakan, kebutuhan perumahan di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Kebutuhan tempat tinggal di Indonesia tercatat mencapai sekitar 800.000 per tahun. Padahal, kemampuan untuk pemenuhan kebutuhan tempat tinggal baru bisa mencapai 400.000 per tahun,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, ada kekurangan hunian sebanyak 400.000 unit setiap tahunnya. Hingga saat ini, warga yang belum memiliki rumah mencapai sekitar 13,5 juta jiwa termasuk di dalamnya anggota kepolisian.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satuan Kerja Penyediaan Rumah Susun dan Rumah Susun TNI-Polri pada tahun anggaran 2015 membangun 42 rumah susun dan 1.044 unit rumah khusus.

“Rumah susun yang akan diresmikan sudah harus dihuni oleh anggota kepolisian, sebab keberhasilan kinerja kementerian diukur melalui capaian angka hunian yang telah dibangun,” katanya.

Di sela peresmian, juga dilakukan “teleconference” dengan beberapa daerah yang juga meresmikan rumah susun dan rumah khusus untuk anggota kepolisian. Rata-rata setiap daerah berharap ada tambahan hunian karena lahan yang ada masih cukup luas.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me