Jelang Imlek, Ritual Bersih-Bersih Klenteng dan Patung Dewa – Property

Big Banner

GROBOGAN – Jelang perayaan Imlek atau pergantian tahun China, seluruh masyarakat Tionghoa di Grobogan, melakukan ritual bersih klenteng dan patung dewa-dewi. Ritual memandikan patung ini dilakukan agar para dewa kembali turun ke bumi dan masuk ke dalam patung dengan senang sehingga bisa memberikan kedamaian bagi umat.

Tradisi bersih klenteng dan patung dewa-dewi di klenteng Tri Dharma Hok An Bio Purwodadi, Grobogan, selalu dilaksanakan setiap tahun sekali oleh masyarakat Tionghoa. Mereka menganggap ritual bersih patung dan klenteng ini adalah wajib dilaksanakan.

Dengan suka cita,masyarakat Tionghoa ini membersihkan dan memandikan seluruh patung dewa-dewi serta perlengkapan dan ruang ibadah. Agar terlihat lebih meriah, di sekitar bangunan dan teras klenteng diberikan hiasan lampion berwarna merah.

Menurut Budi Susanto, ketua klenteng Tri Dharma Purwodadi, tradisi bersih patung ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada seluruh dewa-dewi yang telah memberikan kemakmuran kepada seluruh umat. Selain itu ketika para dewa yang usai pergi ke langit bisa kembali ke dalam patung dengan senang.

Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, memandikan patung dewa-dewi dilakukan sehari sebelum dewa Tepekong naik ke langit untuk melaporkan keadaan bumi dan umat manusia selama masih hidup. Dalam perayaan Imlek tahun ini, masuk dalam shio monyet yang mana dipercaya memberikan energi positif yang besar kepada manusia.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me