Arsitek Ungkap China Bangun Pabrik Pengolahan Limbah Terbesar – Property

Big Banner

SHENZHEN – China dikabarkan akan membangun sebuah pabrik pengolahan limbah terbesar di negara tersebut.

Hal itu terungkap ketika Schmidt Hammer Lassen Architects dan Gottlieb Paludan Architects baru saja memenangkan kompetisi internasional untuk merancang markas pengolahan itu.

Seperti dikutip dari Inhabitat, Jumat (5/2/2016), rancangan dua perusahaan arsitek itu diproyeksikan dapat mengolah 5 ribu ton sampah per hari. Di mana jumlah tersebut setara dengan sepertiga dari limbah yang dihasilkan oleh 20 juta penduduk Shenzhen setiap tahunnya.

Fasilitas pengolahan limbah menjadi energi, di Zhenzhen selatan ini akan menggunakan struktur atap yang berfungsi sebagai panel tenaga surya berukuran 66 ribu meter persegi, sedangkan sepertiga sisanya digunakan sebagai atap hijau, pengumpulan air, dan sistem daur ulang.

Terletak di pinggiran pegunungan Zhenzhen, tempat pengolahan limbah dirancang dengan fasad berbentuk melingkar tunggal, yang akan diselingi dengan sebuah ventilasi udara. Fasad nantinya akan mampu meredam kebisingan dan aroma tidak sedap dari proses pengolahan limbah.

Desain lanskap yang menekankan tata letaknya melingkar ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti kolam pengolahan air limbah, asrama, stasiun booster, dan stasiun tekanan.

Para arsitek juga merancang sebuah jalur yang memungkinkan pengunjung dapat menjelajahi setiap sisi dari bangunan ini, yang nantinya akan terhubung ke atap sehingga para pengunjung bisa melihat pemandangan pegunungan, hutan, dan kota.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me