5 Tips bagi Pembeli Rumah Pertama – Property

Big Banner

NEW YORK – Dalam membeli properti pertama, mungkin menjadi seperti pekerjaan yang menakutkan. Terlebih bagi yang tidak memiliki banyak pemahaman mulai dari proses awal hingga akhir. Bahkan, terkadang pun ada orang yang lebih memilih menggunakan jasa agen profesional dalam membantu mereka dalam mengelola pembelian ini.

Siap untuk mengambil risiko dan membeli rumah pertama Anda? Berikut adalah lima tips kunci dari para ahli real estat untuk diingat, seperti dilansir dari laman NY Daily News, Jumat (5/2/2016):

1. Dapatkan persetujuan awal

Sebuah persetujuan awal adalah perkiraan tertulis dari pemberi pinjaman yang menyatakan berapa banyak Anda mungkin akan dapat meminjam berdasarkan kajian awal kredit Anda dan informasi keuangan.

Ini memegang lebih berat daripada pra-kualifikasi. Biasanya untuk persetujuan awal, Anda perlu untuk memberikan pinjaman dengan berbagai dokumen keuangan termasuk tanda terima gaji, pajak dan laporan bank.

Mendapatkan persetujuan awal dari proses ini adalah kunci. Anda akan mengetahui seberapa Anda mampu, jika ada masalah dengan laporan keuangan Anda dan/atau kredit, Anda punya waktu untuk mengatasinya, dan jika/ketika Anda menemukan rumah yang disukai, maka Anda siap mengambilnya.

Meskipun persetujuan awal berakhir biasanya dalam kurun waktu 90 sampai 120 hari, pemberi pinjaman akan dapat memperbaharuinya untuk Anda melalui panggilan telepon dan mungkin beberapa dokumen diperbaharui.

2. Kunjungi setidaknya 20-30 properti secara pribadi sebelum membuat keputusan

Ada banyak faktor ketika menentukan rumah sempurna Anda, yakni harga, lingkungan, jalan, ukuran, tampilan, kondisi, biaya tercatat bulanan, dan lainnya.

Mencari via online sangat berharga, tapi tidak ada yang mampu menggantikan bila dibandingkan dengan cara meninjau langsung. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk mengunjungi berbagai properti melalui janji pribadi dan rumah terbuka yang akan memungkinkan Anda untuk percaya diri dalam memilih. Selain itu, cara ini juga mampu mempersempit kriteria pilihan Anda dan membuat tawaran dengan percaya diri setelah Anda menemukan rumah yang Anda rasa cocok.

Akan tetapi, terlalu sering pun akan membuat pembeli kehilangan rumah sempurna yang diidamkan karena mereka merasa belum percaya diri untuk bergerak maju dengan tawaran.

3. Pilih agen pembeli di awal-awal

Agen real estat Anda merupakan seorang yang membimbing Anda, menjawab pertanyaan Anda, rasa cemas pada kekhawatiran Anda, mengelola proses, dan untuk memasarkan Anda sebagai kandidat terbaik kepada agen penjualnya.

Semakin baik agen Anda mengeahui, maka semakin baik pula Anda dari segi kepribadian dan profil keuangan, dan lebih baik dia memahami preferensi Anda, semakin baik mereka dapat melayani Anda.

Cari agen yang mempunyai keahlian di daerah yang Anda incar, meminta teman-teman, keluarga dan kolega untuk rekomendasi.

4. Tentukan anggaran dan menaatinya

 

Dalam menentukan anggaran Anda, fokus pada dua kunci dan memahami bagaimana mereka bekerja sama untuk mempengaruhi anggaran Anda, yakni seperti aset likuid dan total pembayaran bulanan perumahan Anda mampu untuk dibawa.

Aset likuid Anda (saham, obligasi, reksa dana, pasar uang dan uang tunai) akan membantu menentukan pembayaran Anda selanjutnya dan likuiditas pasca-penutupan.

Pastikan untuk faktor biaya penutupan, biaya pindah, dan/atau renovasi biaya yang terkait dengan properti tertentu.

Pembayaran perumahan bulanan Anda (KPR, biaya umum/HOA/pemeliharaan, pajak real estat, asuransi) tidak boleh melebihi 30 persen sampai 35 persen dari pendapatan sebelum pajak Anda, dan idealnya tidak akan melebihi 25 persen dari pendapatan sebelum pajak.

5. Hati-hati meninjau properti yang menjadi bagian dari promosi ketika menentukan nilai

Ketika membuat penawaran dengan agen Anda, pertimbangkan unit yang bisa dibandingkan yang terjual baru-baru ini, unit dalam kontrak, dan daftar properti aktif lainnya. Jangan hanya fokus pada mereka yang telah terjual.

Agen Anda ada untuk membantu Anda dalam mengumpulkan informasi ini dan nilai pasar akan terpengaruh tidak hanya oleh apa yang telah terjual tetapi juga dengan apa yang saat ini sedang dalam kontrak dan persediaan aktif pada saat itu.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me