Daftar Bunker Perang di Jerman yang Berubah Jadi Properti Mewah – Property

Big Banner

BERLIN – Sekira 30 tahun setelah Perang Dunia II dan 26 tahun setelah runtuhnya Tembok Berlin, Jerman tampak masih dipenuhi dengan bunker.

Dikutip dari CNN, Rabu (3/2/2016), di Jerman, bunker menjadi salah satu properti peninggalan perang pada masanya. Termasuk pada era perang dingin, bangunan-bangunan itu tidak dihancurkan.

Pada 2007, pemerintah Jerman memutuskan untuk menjual sekira 2.000 bunker pribadi. Dengan begitu, pemerintah Jerman berharap dapat mendorong investor dan arsitek untuk mengalihfungsikan bangunan-bangunan itu.

Alhasil, saat ini terdapat beberapa bunker di Jerman yang telah disulap oleh para investor menjadi tempat mewah. Berikut beberapa daftar bunker menarik.

1. Wohnen im Bunker, Cologne

 

Bunker ini diubah menjadi apartemen 17 lantai dengan jendela yang besar dan teras, lantai yang fleksibel, dan atrium serta taman. Komplek hunian itu merupakan garapan Luczak Architekten.

2. Cultural Cargo Dock, Frankfurt

 

Bunker ini disulap menjadi sebuah residensial oleh Index Architekten.

 

3. Sammlung Boros, Berlin

 

Berbeda dengan bunker lainnya yang dijadikan hunian, salah satu bunker di Berlin ini diubah menjadi galeri seni pribadi yang akan menampilkan koleksi dari Christian Boros. Bangunan aslinya ini merupakan bunker yang dapat menampung 3 ribu orang, dan saat ini menjadi 3 ribu meter persegi ruang pameran, ditambah 500 meter persegi rooftop tambahan di mana Boros dan keluarga menetap.

4. Vivos Europa One, Rothenstein

 

Bunker ini memiliki luas 76 are atau setara dengan 29,1 hektare, ini merupakan salah satu bunker yang terbesar Jerman. Bunker ini mampu menahan ledakan nuklir maupun hantaman pesawat. Bunker ini diubah menjadi 34 apartement bintang lima, dengan luas mulau dari 2.500 kaki persegi.

5. Bunker Valentin, Bremen

 

Bunker ini terletak 40 kilometer dari pantai laut utara. Sekira 2.000 pekerja paksa meregang nyawa di bunker ini. Selama beberapa dekade, bunker ini diperingati secara rutin akan keangkuhan dan kekejaman fasisme.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me