Tips Feng Shui Memilih Pintu Utama Rumah – Property

Big Banner

JAKARTA – Kebaradaan pintu utama pada sebuah rumah ternyata sangat penting bagi feng shui. Ya, ilmu topografi Tiongkok kuno tersebut memandang, pintu menjadi jalur utama masuk dan keluarnya energi ke dalam rumah, untuk itu ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika memilih pintu utama rumah.

Selain itu, keberadaan pintu utama juga dianggap dapat mempengaruhi hubungan harmonisasi dalam rumah tangga termasuk dalam urusan rezeki. Nah, bagi Anda yang ingin masih bingung bagaimana cara memilih pintu rumah, berikut ini adalah tips nya dari ahli feng shui Djohar Koh seperti dilansir Lamudi Indonesia, Minggu (7/2/2016).

Bahan Material Pintu

Berdasarkan ilmu feng shui, memilih bahan material pintu merupakan salah satu hal penting untuk menentukan rezeki si penghuni, untuk bahan material pintu sendiri menurut Djohar Koh dapat ditentukan berdasarkan arah rumah. Contohnya seperti rumah dengan menghadap arah selatan, utara, tenggara, timur laut, disarankan untuk menggunakan pintu dengan berbahan kayu karena akan hal ini akan menepis energi negatif masuk ke dalam rumah.

Sementara untuk arah barat dan barat daya disarankan menggunakan menggunakan pintu berbahan kayu atau logam.

Warna Pintu

Begitu juga dengan pemilihan warna pintu, Djohar menyarankan menggunakan warna pintu rumah sesuai dengan posisi rumah. Contohnya rumah yang menghadap Utara di sarankan untuk menggunakan warna pintu ataupun coklat kayu, sementara untuk arah timur menggunakan warna cat coklat kayu, abu-abu, dan biru tua, untuk arah selatan menggunakan warna coklat kayu.

Untuk arah rumah mengarah barat disarankan untuk menggunakan warna cat putih, kuning muda, coklat muda, sementara untuk utara warna putih dan coklat, sementara untuk timur laut berwarna putih.

Posisi Pintu

Lalu dimanakah sebaiknya memasang pintu utama rumah ? Menurut Djohar sebaiknya pemilik rumah jangan memasang pintu rumah langsung berhadapan dengan berbagai benda yang berada di luar rumah, contohnya seperti pohon ataupun kursi yang berada di teras, karena hal tersebut akan menghalangi hoki masuk ke dalam rumah.

“Jika memang ingin menaruh benda atau tanaman, sebaiknya jaraknya jangan terlalu dekat minimal 4 hingga 5 meter dari pintu “ kata Djohar.

Djohar juga menyarankan, sebaiknya posisi pintu rumah jangan dibuat langsung menghadap tangga rumah, karena hal tersebut akan membuat rezeki pemilik rumah cepat terkuras habis.

Gerak Pintu

Sementara untuk arah gerak pintu sendiri, Djohar mengatakan sebaiknya memasang pintu dengan arah gerak ke dalam rumah, karena hal tersebut akan membawa energi positif masuk kedalam. Berbeda jika membuat pintu rumah dengan bukaan keluar.

Ukuran Pintu

Berbicara mengenai ukuran pintu, ada beberapa ukuran pintu yang ideal yang dapat digunakan seperti untuk lebar 80,5 cm sampai 91 cm, 102 cm sampai 112,5 cm, 123,5 cm sampai 134 cm. Untuk tinggi 210 cm sampai 219 cm, 231 cm sampai 241 cm, atau 252 sampai 262,5 cm.

Djohar mengatakan, ketika memasang pintu sebaiknya pemilik rumah memperhatikan lubang bagian bawah pintu, jangan sampai jarak antara pintu dan lantai kecil, karena hal tersebut akan mempersempit rezeki untuk pemilik rumah.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me